TNI AL-Pemkot Bitung Persiapkan Ketahanan Pangan

Manado, jurnalsumatra.com – TNI Angkatan Laut melalui Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) VIII Bitung bekerja sama dengan Pemerintah Kota Bitung melancarkan gerakan ketahanan pangan sebagai antisipasi dini terhadap dampak yang bakal terjadi bila penyebaran COVID-19 berlangsung lama.

  Komandan Yonmarhanlan VIII Bitung Letkol Marinir Nandang Permana Jaya, di Bitung,  Sabtu, mengatakan kegiatan gerakan ketahanan pangan ini berupa penanaman tanaman yang mengandung karbohidrat.

  “Ini sebagai tindak lanjut dan kerja sama dalam merancang lumbung pangan di Bitung,”katanya.

   Ia mengatakan kegiatan ini cukup strategis, dalam menghadapi antisipasi Covid 19 apabila berkepanjangan.

  Karena merupakan bagian dari sistem peringatan dini terkait dengan kecenderungan kebutuhan pangan yang akan terus meningkat.

  Melalui penanaman tanaman yang mengandung karbohidrat yang dilaksanakan secara perdana dalam pencanangan gerakan lumbung pangan dapat dijadikan momentum membangkitkan ketahanan pangan berbasiskan sumber daya lokal.

  “Gagasan dan pelaksanaan gerakan ketahanan pangan ini sebagai sinergitas Yonmarhanlan VIII Bitung dalam kaitan mendukung langkah antisipasi dampak COVID-19 yang sedang dilaksanakan oleh Pemkot Bitung, dan salah satu prioritas yang perlu diperhatikan mengatasi efek virus Corona,”katanya

  Kegiatan yang dilaksanakan dilapangan Tembak Tandu Rusa Bitung tersebut dihadiri Wali Kota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban, Ketua penggerak PKK Kota Bitung Khouni Lomban Rawung dan unsur Forkopimda.(anjas)