TNI-AL Siagakan Kapal Cepat Amankan Perairan

    Pontianak, jurnalsumatra.com – Lantamal XII Pontianak di Pos TNI-AL Ketapang, Kalimantan Barat menyiagakan Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) jenis kapal patroli cepat dalam pengamanan perairan di Kalbar sepanjang mudik dan balik Lebaran tahun 2018.
“Disiagakannya kapal patroli cepat tersebut guna mendukung terciptanya keamanan dan kenyamanan pelayaran di perairan Kalbar khususnya terhadap arus mudik dan balik yang menggunakan transportasi laut,” kata Komandan Pos TNI-AL Ketapang Letda Laut (P) Asep saat dihubungi di Ketapang, Kamis.
Selain itu, dia menambahkan, pihaknya juga melakukan perawatan alutsista berupa kapal patroli cepat tersebut secara berkala agar tetap terjaga.

“Hal itu kami lakukan agar kapal cepat tersebut bisa digunakan dalam menjaga perairan Kalbar, khususnya di wilayah perairan Kabupaten Ketapang,” ujarnya.
Menurut dia, disiagakannya kapal patroli cepat tersebut dalam upaya pencegahan tanggap darurat keamanan, dalam mengantisipasi terjadinya kecelakaan pelayaran di laut.
“Dengan kesiapan peralatan yang kami miliki ini agar juga dapat memperlancar kegiatan patroli rutin aparat TNI-AL bersama-sama unsur maritim terkait, nantinya,” katanya.
Asep menambahkan, patroli rutin di kawasan perairan Ketapang itu, lebih diintensifkan dalam patroli, guna mendukung pengamanan dan pencegahan kecelakaan di laut untuk membantu kapal yang melintas, baik kapal motor tradisional maupun kapal motor besar.
“Responsif terhadap keselamatan kapal-kapal yang melintas di perairan Ketapang itu diharapkan dapat mencegah sejak dini segala laporan masyarakat tentang keselamatan pelayaran,” katanya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen + 8 =