TNI lakukan penyemprotan disinfektan rumah warga cegah Corona

Jayapura, jurnalsumatra.com – Prajurit TNI  Babinsa Koramil Yapen  Barat  Kodim 1709/Yawa Serka Irjan Latukau dan Kopda Aan Kurniawan bersama petugas kesehatan melakukan penyemprotan cairan disinfektan untuk mencegah penyebaran virus corona di rumah warga distrik Poom Kabupaten Yapen Kepulauan,Kamis.

  Tindakan sterilisasi dengan mengerahkan 5 unit tangki alat semprot yang berisi cairan disinfektan ini dilakukan di Posko Gugus Tugas COVID-19 Distrik Poom di  perumahan masyarakat Kampung Poom-1, Kampung Poom-2, Kampung Humbeawai, Kampung Serewen dan Kampung Rarisi serta beberapa lokasi fasilitas umum lainnya.

  Marten salah seorang petugas kesehatan mengatakan, virus corona  tidak kuat mengambang dalam waktu lama di udara sehingga akan jatuh dan mengenai/menempel pada benda atau permukaan.

  Oleh sebab itu cairan disinfektan ini, lanjutnya, bila disemprotkan pada setiap permukaan benda untuk mensterilkan permukaan yang telah dihinggapi oleh virus corona dan memutus penyebarannya.

  “Meskipun di wilayah Distrik Poom saat ini belum terdapat pasien yang positif terinfeksi virus ini tetapi upaya pencegahan COVID-19 harus dilakukan dengan cara mengikuti protokol kesehatan serta menyemprotkan cairan disinfektan,”ungkapnya.

  Serka Irjan menambahkan, kegiatan ini dilakukan sebagai wujud kepedulian Babinsa dan para petugas kesehatan untuk mencegah penyebaran virus yang saat ini telah berkembang pesat di sebagian wilayah Indonesia.

  Penyemprotan ini akan dilakukan secara intensif dan berkelanjutan, sehingga nantinya seluruh tempat akan disterilkan dengan menggunakan  cairan disinfektan ini.

  “Kegiatan ini merupakan tanggung jawab kami sebagai aparat kewilayahan yang bertugas di daerah ini,”ujar Serka Irjan melalui Penerangan Korem 173/PVB.

  Anton, salah seorang warga yang rumahnya mendapat penyemprotan cairan disinfektan menyampaikan terima kasih kepada anggota Babinsa Koramil Yapen Barat bersama petugas kesehatan.

  ,”Awalnya kami kaget dengan kedatangan Babinsa dan timnya dengan membawa tangki alat penyemprot, namun setelah mendapat penjelasan kami mengerti. Terim kasih kepada petugas yang telah membersihkan rumah kami dari penyebaran wabah corona,”ungkap Anton.(anjas)