TNI-Polri di OKI Siaga Disiplinkan Warga

Kayuagung, Jurnalsumatra.com   – Ratusan personel TNI dan Polri di Ogan Komering Ilir (OKI) disiagakan untuk mendisiplinkan warga agar mengikuti protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus corona.

Komandan Kodim, 0402 OKI/OI, Letkol, CZI. Zamroni menjelaskan, upaya pendisiplinan ini akan dilakukan di ruang-ruang publik seperti pasar rakyat, terminal dan taman kota. Dengan upaya ini, harapnya kurva penyebaran virus corona dapat semakin menurun.

“Kita berharap curva penyebaran di OKI semakin hari semakin turun. Dengan digelarnya pasukan dari TNI dan Polri serta dukungan Pemda akan diberlakukan protokol kesehatan secara masif,” kata dia pada apel gabungan penegakan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19 di lapangan Pasar Kayuagung, Sabtu (30/5/2020).

Zamroni mengungkap kebijakan ‘New Normal’ yang digagas oleh Pemerintah Pusat adalah salah satu langkah yang telah memperhitungkan segala aspek untuk dapat menekan penyebaran COVID-19 tanpa mengorbankan kesehatan dan ekonomi masyarakat.

“Dengan begitu masyarakat masih bisa beraktifitas dengan menerapkan protokol kesehatan” ujar nya.

Namun sambung dia kedisiplinan masyarakat menjadi kunci keberhasilan itu.

“New Normal ini sederhananya perilaku dan pola hidup kita ke arah yang lebih baik, namun kedisiplinanlah yang menjadi kunci keberhasilannya” ungkapnya.

Zamroni mengatakan, upaya pendisiplinan ini akan dilakukan bersama dengan pemerintah daerah serta terus berkoordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Adapun upaya pendisiplinan itu jelas dia berupa sosialisasi dan edukasi kepada warga untuk mematuhi protokol kesehatan melalui pengecekan suhu tubuh, himbauan jaga jarak fisik, cuci tangan pakai sabun/hand sanitizer seusai beraktifitas, dan gerakan perilaku hidup bersih dan sehat.

Ia pun meminta dukungan dari masyarakat agar pelaksanaan pendisiplinan protokol kesehatan ini dapat berhasil.

“Marilah kita bersama-sama bersatu padu dalam penegakan disiplin ini. Memaksimalkan kegiatan di posko dan mengajak partisipasi aktif dari seluruh komponen masyarakat” Tambah dia.(ata)