TNI-Polri Gorontalo Ajak Ibu Hamil Periksakan Kandungan

    Gorontalo, jurnalsumatra.com – Personel TNI dan Polri di Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo dikerahkan untuk mengajak ibu hamil bersedia memeriksakan kandungannya serta melahirkan di fasilitas kesehatan.
Bupati Gorontalo Nelson Pomalingi mengatakan di Gorontalo, Selasa, inovasi pengerahan anggota TNI-Polri tentang Tim Gugus Tugas Pendamping Ibu Hamil Berisiko Tinggi dituangkan dalam surat keputusan bupati dan telah dilaksanakan sejak 2014.
Nelson yang juga pernah menjabat sebagai rektor Universitas Gorontalo dan bergelar profesor tersebut mengungkapkan pengerahan anggota TNI-Polri dilakukan karena sulitnya mengajak masyarakat untuk memeriksakan kandungan dan melahirkan di fasilitas layanan kesehatan.

“Kalau polisi dan tentara datang baru mau ke Puskesmas,” kata Nelson.
Dia menyatakan penerapan kebijakan tersebut berhasil menekan angka kematian ibu dan bayi di Gorontalo hingga hampir 50 persen.
Kondisi awal pada 2014 angka kematian ibu per 100 ribu kelahiran mencapai 297,8. Setelah diterapkan Tim Gugus Tugas Pendamping Ibu Hamil pada 2016 menurun menjadi 257 dan kembali menurun signifikan pada 2017 menjadi 154.
Sementara angka kematian bayi per 100 ribu kelahiran pada 2014 sebanyak 11, menjadi 13,3 pada 2016, dan turun jadi 7,8 pada 2017.
Bupati Gorontalo Nelson mengatakan upaya pemeriksaan kesehatan kandungan ibu hamil tersebut selain sebagai upaya penurunan angka kematian ibu dan bayi juga untuk langkah pencegahan kasus kekerdilan pada anak.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve − 6 =