Tokoh Lintas Agama Bersepakat Lawan Aksi Teror

     Koba,jurnalsumatra.com – Para tokoh lintas agama di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan bersepakat melawan dan mengutuk aksi teror yang terjadi di Surabaya beberapa hari lalu.
“Kami sudah menggelar pertemuan lintas agama guna menyatakan sikap melawan terorisme dan berkomitmen serta menjamin kejadian tersebut tidak merusak kerukunan umat beragama,” kata Ketua MUI Kabupaten Bangka Tengah, Hasyim Sahroni di Koba, Rabu.
Ia menjelaskan, pertemuan tokoh lintas agama tersebut dihadiri para tokoh agama Islam, Islam, Kristen, Katolik, Konghucu, Hindu, Buddha.
“Dalam pertemuan itu kami juga merumuskan empat pernyataan sikap yaitu mengutuk keras pelaku teror bom, turut berduka atas korban yang meninggal, mendukung aparat keamanan membasmi pelaku teror sampai ke akarnya dan meminta masyarakat jaga kekompakan,” jelasnya.

Ketua FKUB Kabupaten Bangka Tengah, Yuhanda mengatakan aksi pengeboman tersebut jangan dikait-kaitkan dengan agama karena itu sebuah kejahatan yang jauh dari ajaran agama manapun.
“Kami dari lintas agama juga sepakat bahwa teror bom tidak dikaitkan dengan salah satu agama karena pasti akan mengusik kerukunan,” katanya.
Menurut dia, kerukunan umat beragama di daerah itu sudah terjalin dengan baik dan bahkan hidup berdampingan cukup harmonis.
“Justru itu jangan dirusak dan diprovokasi sehingga bisa memicu perpecahan dan mengancam kerukunan kami antarumat beragama,” katanya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six + 8 =