Tokoh Pemuda Bonehau Minta Jalannya Dibangun

     Mamuju, jurnalsumatra.com – Tokoh pemuda di wilayah Kecamatan Bonehau meminta jalan dari wilayah Kecamatan Kalukku menuju Kecamatan Kalumpang Kabupaten Mamuju kemudian menghubungkan Kabupaten Luwu Timur Provinsi Sulawesi Selatan dibangun pemerintah di Sulbar.
“Pemerintah di Sulbar selama ini telah menjanjikan masyarakat di wilayah Kecamatan Kalumpang untuk membangunkan jalan ke wilayah mereka,” kata tokoh pemuda Kecamatan Bonehau Kabupaten Mamuju Arnol Topo Sujadi di Mamuju, Senin.
Ia mengatakan, karena akses jalan yang tidak memadai maka kesejahteraan tidak dirasakan masyarakat Kecamatan Bonehau dan Kalumpang yang berada sekitar 100 kilometer dari pesisir pantai Kabupaten Mamuju.
“Masyarakat hidup dalam kemiskinan karena akses yang tidak memadai seharusnya pemerintah tidak tutup mata dengan kondisi kecamatan Bonehau dan Kalumpang yang jalannya masih berbatu dan rusak parah,” katanya.
Menurut dia, jalan dari jalan poros Trans Sulawesi di wilayah Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju mesti dibangun ke wilayah Kecamatan Kalumpang karena jalan itu akan menghubungkan dengan Kabupaten Luwu Timur Provinsi Sulsel, karena sangat dibutuhkan masyarakat.

     “Kecamatan Bonehau dan Kalumpang memiliki potensi disektor Parawisata seperti peninggalan sejarah dan budaya leluhur yang menurut penelitian adalah termasuk peradaban tua di dunia, ada disana dan potensi Sumber Daya Alam (SDA) melimpah seperti Emas, dan Batu Bara dan Batu Mangan sungguh sangat disayangkan apabila pemerintah menutup mata, dengan tidak membangun infrastruktur kesana,” katanya.
Senada juga dikatakan anggota Fraksi Partai Demokrat Sulbar DPRD Sulbar, Sukri menurutnya bila pemerintah membangun jalan itu maka masyarakat akan terbantu secara ekonomi karena akan lancar dalam mendistribusikan hasil pertaniannya.
“Selama ini masyarakat Kecamatan Bonehau dan Kalumpang kesulitan ekonomi karena distribusi hasil pertanian masyarakat yang berada di pegunungan Kabupaten Mamuju itu, mesti terdapat kebijakan dari pemerintah mengalokasikan anggaran untuk membangun jalan menuju Kecamatan Kalumpang itu karena juga akan meningkatkan ekonomi daerah,” katanya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen − six =