TPS 25 Argasunya Cirebon Terapkan Jadwal Mencoblos

   Cirebon, jurnalsumatra.com – Tempat pemungutan suara (TPS) 25 yang berada di Pesantren Benda Kerep Kelurahan Argasunya, Kota Cirebon, Jawa Barat, menerapkan jadwal  mencoblos surat suara bagi laki-laki dan perempuan terkait upaya melestarikan adat istiadat.
“Kita pisahkan waktunya antara pemilih laki-laki dan perempuan, ini sesuai adat yang berlaku di sini,” kata Ketua Kelompok Panitia Pemilihan Suara (KPPS) TPS 25 Argasunya, Hasbullah di Cirebon, Selasa.
Hasbullah menjelaskan dipisahnya laki-laki dan perempuan di TPS 25 Benda Kerep Argasunya sudah menjadi adat, karena memang di tempat itu merupakan kawasan pesantren.
Untuk pukul 07.00-09.00 WIB, semua pemilih hanya diperbolehkan perempuan, kemudian setelah itu baru laki-laki, ini agar mereka tidak bercampur.

   “Dari awal juga kita itu dipisah pertama perempuan dan nanti disusul laki-laki,” ujarnya.
Selain pemisahan waktu, di TPS 25 dan 26 Benda Kerep Kelurahan Argasunya, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, warganya juga tidak berkenan menggunakan tinta untuk tanda sudah memilih.
Kedua TPS tersebut memilih menggunakan pewarna dari kunyit, dengan alasan khawatir jika tinta tidak bisa ditembus air terutama ketika berwudhu.
“Kalau kunyit itu dari KPU, namun kalau tidak sesuai, nanti kita bikin sendiri,” tuturnya.
Ia mengatakan penggunaan kunyit ini karena dikhawatirkan menghalangi air wudhu. “Jadi, kita gunakan kunyit, agar masih bisa sah wudhu,” katanya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 3 =