TPU Slawi Terancam Jadi Tempat Sampah

Lahat, Sumsel, jurnalsumatra.com – Sungguh miris sekali, tempat pemakamam umum (TPU), yang semestinya dijaga, dirawat, supaya bersih, agar para peziarah merasa nyaman saat ziarah di makam keluarga maupun kerabatnya.

Namun, berbalik untuk TPU yang terletak di Prumnas Selawi, Kecamatan Kota Lahat ini. Pasalnya, di tempat pemakaman umum tersebut, kondisinya saat ini, terancam menjadi tempat pembuangan sampah.

“Hal itu, sudah cukup lama terjadi. Dan, sangat kami sesalkan tidak ada teguran oleh pihak terkait. Seperti kepala desa, maupun pihak Kelurahan sendiri,” ungkap Rizen (38) warga yang melintas saat diwawancarai wartawan, Jum’at (2/3/2018).

Apabila hal itu terus dibiarkan, sambungnya, selain mengganggu peziarah, juga merusak pemandangan, karena TPU tersebut terletak di pinggir jalan lintas yang sering dilintasi masyarakat.

“Untuk harapan sendiri, mungkin yang membuang sampah di sana karena tidak ada tempat pembuangan sampah di sekitar. Namun hal tersebut bukan alasan, untuk membuang sampah di TPU,” tuturnya.

Sementara itu, salah satu masyarakat sekitar, Ical menuturkan jika yang membuang sampah di TPU tersebut tak hanya warga yang berada di sekitar TPU.

“Membuang sampah di sana juga banyak yang berasal dari kelurahan lain. Tentu kami berharap adanya tempat pembuangan sampah di sini, sehingga masyarakat tak buang sampah di kuburan,” katanya. (Din)

Leave a Reply