Tujuh Puskesmas Di Padang Buka 24 Jam

      Padang, jurnalsumatra.com – Tujuh puskesmas rawat inap yang ada di Kota Padang, Sumatera Barat.  akan buka 24 jam saat libur Lebaran 1439 Hijriah mulai tanggal 11 hingga 20 Juni 2018 untuk melayani masyarakat yang hendak berobat.
“Semua puskesmas yang ada di Padang yaitu 23 unit tetap buka saat cuti bersama tapi dengan jadwal tertentu dan tujuh puskesmas rawatan siap melayani masyarakat selama 24 jam,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Feri Mulyani di Padang, Selasa.
Ia menyampaikan tujuh puskesmas yang buka 24 jam tersebut yaitu Puskesmas Lubuk Buaya, Puskesmas Nanggalo, Puskesmas Air Dingin, Puskesmas Pauh, Puskesmas Bungus, Puskesmas Seberang Padang dan Puskesmas Padang Pasir.
Sementara puskesmas non rawat inap tetap buka dengan jadwal dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB.
Tidak hanya itu untuk puskesmas yang berada di lokasi rawan kecelakaan yaitu Puskesmas Ambacang, Puskesmas Ikur Koto, Puskesmas Alai, Puskesmas Air Tawar, dan Puskesmas Lubuk Begalung juga buka 24 jam untuk memberikan pelayanan.
Feri menyebutkan pada setiap puskesmas terdapat enam sampai tujuh tenaga medis yang siap melayani.

Kemudian untuk memberikan pelayanan kesehatan di Padang selama Lebaran dinas kesehatan juga terlibat dalam Posko Operasi Ketupat bersama kepolisian untuk mengecek kesehatan pemudik dan pemeriksaan penyakit tidak menular.
Di Padang ada 11 posko yang akan beroperasi pada 8 sampai 21 Juni 2018 yang beroperasi mulai dari pagi sampai pukul 21.00 WIB.
“Satu posko terdapat enam petugas medis terdiri atas dua sesi,” kata dia.
Untuk antisipasi kejadian tak terduga di lokasi objek wisata, dinas kesehatan menyiapkan Puskesmas Air Manis dan Puskesmas Bungus yang keduanya berada dekat dengan tempat wisata.
Tidak hanya itu Dinas Kesehatan juga menyiagakan tim kesehatan yang siap diterjunkan ke lokasi yang butuh bantuan mendukung puskesmas dan posko taktis.
Ia mengatakan berdasarkan instruksi Menteri Kesehatan semua puskesmas rawatan harus buka untuk melayani masyarakat selama libur Lebaran.
Sementara BPJS Kesehatan cabang Padang juga tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat saat libur mulai 11 sampai 20 Juni  dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB .
“Pelayanan tersebut mulai dari administrasi peserta seperti mutasi dan aktivasi, pendaftaran peserta, pendaftaran bayi baru lahir serta mengetahui perhitungan denda pelayanan,” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Padang Sistri Sembodo.
Bagi peserta JKN-KIS  yang ingin mengambil obat terjadwal juga dapat dilakukan lebih awal sebelum libur Lebaran di fasilitas kesehatan yang tersedia, kata dia menambahkan.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three + 5 =