Tunjangan Sertifikasi Guru Tahun 2017 Baru Cair

Lahat, Sumsel, jurnalsumatra.com – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lahat, Drs Sutoko Msi melalui Kepala Bidang (Kabid) Ketenaga Kerjaan, Bambang Aprianto SH MM didampinggi Kasi PTK Dikdas, Rohidin S Pd menegaskan, tunjangan sertifikasi guru triwulan keempat 2017 yang sisanya dua bulan akhirnya mulai ditransfer ke rekening guru masing- masing.

“Alhamdulillah, sisa dana tunjangan sertifikasi untuk guru tahun 2017 sudah kita transfer kesemua rekening masing masing,”ujar Rohidin.

Akan tetapi, Ia menambahkan, tunjangan profesi guru itu yang merupakan dari anggaran Pemerintah pusat sebagai imbalan tanda terima kasih terhadap para guru di Indonesia sudah menjadi hak milik untuk guru. Nah, tunjangan profesi guru di Kabupaten Lahat untuk dua bulan di tahun 2017 yang sudah di transfer ke rekening guru mencapai Rp 15,815795300 atau hampir mencapai Rp 16 miliar.

”Semua tunjangan sertifikasi guru sudah ditransfer satu minggu yang lalu, dimana tunjangan ini merupakan sisa dua bulan untuk triwulan keempat di tahun 2017. Dimana pencairan sertifikasi guru di tahun 2017. Sudah selesai di cairkan, dan tidak adalagi yang namanya guru resah,” tambah Bambang Sabtu (10/2/2018).

Diungkapkan Bambang, jika ada guru di Kabupaten Lahat yang dana sertifikasinya belum masuk ke rekeningnya, dirinya mengharapkan agar hal itu dapat ditanyakan langsung ke Bank Sumselbabel cabang Lahat, karena jika benar-benar ada kendala, selaku Dinas Pendidikan Kabupaten Lahat tentunya akan membantu guru yang mengalami kendala akibat dana sertifikasinya lambat di transfer.

”Untuk seluruh guru sertifikasi di Kabupaten Lahat baik dari tingkat TK, SD, dan SMP silakan cek rekening kalian masing-masing. Dan kalau dana kalian mengalami keterlambatan atau belum masuk, kiranya bisa menanyakan langsung ke Bank Sumselbabel cabang Lahat, mungkin kita bisa membantu terutama jika ada kendala yang menyangkut disana,” tuturnya lugas.

Diperkirakan untuk Kabupaten Lahat sendiri, jumlah guru sertifikasi yang menerima tunjangan profesi di tahun 2017 ada sebanyak 2.094 guru.

”Dari jumlah 2.094 guru ini semuanya adalah PNS. Sedangkan untuk guru non PNS langsung pihak pusat yang membayarkan nya, dan pula jumlah guru non PNS yang mendapatkan tunjangan profesi kita belum tahu, sebab yang mendatanya langsung adalah dari pihak pusat,” pungkasnya, seraya menjelaskan, agar guru sertifikasi yang sudah menerima pencairan dana sertifikasi dapat segera mengusulkan faktagunan guru ke Dinas Pendidikan Kabupaten Lahat.

Terpisah, Kepala BKD Kabupaten Lahat melalui sekretaris BKD kabupaten Lahat, Neil Aldrin membenarkan bahwa, tunjangan sertifikasi guru triwulan terakhir ditahun 2017 sudah dibayar ke masing-masing rekening guru.

”Benar, untuk tunjangan sertifikasi guru ini sudah dibayarkan. Dan mungkin sudah dikirim kerekening masing masing guru. Namun, tidak bisa kita pungkiri dana triwulan ke-empat memang ada mengalami keterlambatan, tapi sekarang sudah dibayar semua terutama bagi guru guru yang ada di Kabupaten Lahat ini,” kata Neil. (Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 1 =