Tunjangan Tak Kunjung Cair, Perangkat Desa Bakal Demo

INDRALAYA, jurnalsumatra.com- Sembilan bulan tunjangan Kepala Desa (Kades) dan Tunjangan Perangkat Desa di Kabupaten Ogan Ilir (OI) tahun 2017 tak kunjung cair. Akhirnya, sebanyak 227 Kepala Desa (Kades) beserta para perangkat desa se Kabupaten OI meradang

Padahal, selama ini tunjangan tersebut mesti dibayar per triwulan namun hingga awal Januari 2018 ini, tunjangan itu belum ada kabar yang jelas kapan akan dibayar.

Tunjangan para kades dan perangkat ini kiranya harus menjadi perhatian serius Pemkab OI, jika dibiarkan bisa membuat pelayanan terhadap masyarakat menjadi kurang baik.

Kepala Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Sekunjing Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten OI Khairun Hudni mengatakan bahwa tunjangan Kades dan perangkatnya selama 9 bulan belum dibayarkan.

” Sebanyak 227 kepala Desa yang ada di OI selama 9 bulan ini belum mendapatkan tunjangan termasuk para perangkatnya,” Katanya.

Dengan belum dibayarnya tunjangan tersebut, lanjutnya, membuat perangkat Desa menjadi malas untuk bekerja dan banyaknya perangkat Desa yang mengundurkan diri.

” Ada juga perangkat desa yang memusuhi kepala desa, seakan yang memakan uang tersebut kepala desa padahal memang belum dibayar selama 9 bulan ini,” Imbuhnya.

Ditambahkannya, “Dan apabila tunjangan tersebut masih belum dibayarkan kami akan melakukan aksi Demo untuk menuntut hak kami yang belum dibayarkan,” Ancamnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemerintahan Desa (DPMD) Ogan Ilir Edi Demang saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya akan membayar tunjangan tersebut namun yang menjadi kendala belum adanya petunjuk teknis sistem pembayaran tersebut.

” Sejauh ini,  kami belum bisa menentukan kapan proses pembayaran tunjangan akan dilaksanakan. Dan Persoalan ini sudah kami laporkan kepada Bupati, dengan harapan agar dapat segera direalisasikan,” Ujarnya. (Edi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen + 6 =