UAD Buat Aplikasi Mobile Bagi Lansia Produktif

Yogyakarta, jurnalsumatra.com –  Pada bulan Oktober – November 2019 lalu, Tim Pengabdian kepada Masyarakat Magister Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta bekerjasama dengan Pimpinan Ranting Aisyiyah (PRA) Kauman, Gondomanan, Yogyakarta  melakukan pengabdian kepada masyarakat di kelompok Yandu Lansia Wijayakusuma III di lingkungan Kauman, Yogyakarta. 

Ketua Tim Pengabdian kepada Masyarakat, Dr Imam Riadi, M.Kom, didampingi Rusydi Umar, Ph.D dan Arfiani Nur Khusna, ST, M.Kom, menjelaskan, peningkatan hidup sejahtera bagi lansia (lanjut usia) merupakan upaya yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan lansia sehat dan produktif. 

“Pada proses penuaan itu terjadi berbagai hal yang mengakibatkan fungsi dan daya tubuh menurun serta faktor terhadap penyakit meningkat,” kata Dr Imam Riadi, M.Kom, Jum’at (22/11/2019).

Ditambahkan Rusydi Umar, Ph.D, fungsi tubuh yang menurun dapat menimbulkan ketidakmandirian dalam melakukan aktivitas sehari-hari. “Sehingga terjadinya gangguan mental dan emosional,” tandas Rusydi Umar.

Sebagian lansia, seperti disampaikan, Arfiani Nur Khusna, ST, M.Kom, memandang usia tua dengan sikap yang menunjukkan keputusasaan dan tergantung keluarga.

“Lansia kurang berusaha untuk mengembangkan diri menjadi manusia produktif sehingga semakin cepat mengalami kemunduran, baik jasmani maupun mental,” kata Arfiani Nur Khusna.

Namun, di sisi lain terdapat lansia yang memutuskan tetap aktif bekerja sebagai bentuk aktualisasi diri dan sebagian mengungkap karena keterpaksaan desakan ekonomi. 

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan informasi kepada lansia melalui aplikasi mobile untuk panduan aktivitas dalam hal kesehatan dan ketrampilan.

Aplikasi mobile ini dapat membantu memantau keseharian lansia. 

“Sehingga produktifitas meningkat dan lansia dapat hidup mandiri, sehat dan sejahtera,” ungkap Dr Imam Riadi, M.Kom, Ketua Tim Pengabdian kepada Masyarakat.

Melalui peran kelompok lansia PCA (Pimpinan Cabang Aisyiyah) Gondomanan, Kota Yogyakarta, maka pelaksanaan pelatihan bagi kelompok dapat meningkatkan pengetahuan lansia dalam melatih hidup sehat, mandiri dan produktif.

Selain itu terdapat peningkatan pengetahuan dari diskusi dan tanya jawab terhadap lansia. Sehingga lansia mulai mengubah pola hidup dengan berolahraga, mengikuti berita dan tips lansia melalui mobile phone, yang akhirnya terlatih kemandiriannya serta tidak bergantung dengan orang lain. (Affan)