UAD Gelar Workshop Penggunaan Microsoft Mathematics

Kulonprogo , jurnalsumatra.com – Tim dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta terdiri dari: Dr Burhanudin Arif N, M.Sc dan Syariful Fahmi, M.Pd mengadakan Program Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) berupa workshop dan pendampingan penggunaan microsoft mathematics bagi guru-guru matematika di SMP Negeri 5 Wates, Kulonprogo, Senin (11/11/2019).

Ketika membuka kegiatan tersebut, Kepala Sekolah SMP Negeri 5 Wates, Boidi, S.Pd, menyampaikan, kegiatan pengabdian berupa workshop dan pendampingan untuk guru-guru matematika ini sesuai dengan kebutuhan.

“Karena dengan penggunaan aplikasi microsoft mathematics siswa dapat mengetahui dan memahami konsep-konsep dalam mengerjakan soal matematika,” kata Boidi, S.Pd.

Selama ini, seperti dikatakan Dr Burhanudin Arif N, M.Sc, beberapa konsep matematika dalam pengerjaan soal matematika masih kurang dipahami oleh siswa. “Sehingga diharapkan setelah guru dapat mengaplikasikan microsoft mathematics di dalam proses pembelajaran, siswa sedikit demi sedikit dapat memahami konsep penyelesaian matematika,” jelas Burhanudin Arif.

Sedangkan Syariful Fahmi, M.Pd dari tim pengabdian mengatakan, dengan menggunakan aplikasi microsoft mathematics ini dapat menanamkan langkah demi langkah penyelesaian untuk setiap permasalahan matematika.

“Dengan adanya pengabdian ini diharapkan guru-guru matematika dapat menguasai penggunaan dan pengoperasian aplikasi microsoft mathematics,” kata Syariful Fahmi, M.Pd.

Sehingga, lanjut Syariful, guru dapat optimal dalam menjalankan aplikasi ini. “Khususnya dalam proses pembelajaran di kelas dan dapat mengurangi miskonsepsi dalam penyelesaian permasalahan matematika,” katanya.

Workshop penggunaan microsoft mathematics telah dilaksanakan pada tanggal 4 – 5 Agustus 2019 lalu di laboratorium terpadu SMP Negeri 5 Wates, Kulonprogo.

Adapun materi yang disampaikan adalah melakukan perhitungan standard seperti akar dan logaritma, menyelesaikan operasi persamaan dan pertidaksamaan, menyelesaikan aturan segitiga, menyelesaikan perhitungan trigonometri, menyelesaikan statistika dasar, menyelesaikan matrix dan vektor, menggambar grafik 2D dan 3D dalam diagram kartesius.

Pada kegiatan tersebut guru secara langsung mempraktikkan penggunaaan microsoft mathematics dalam menyelesaikan beberapa masalah matematika sesuai dengan materi yang diberikan oleh tim pengabdian kegiatan tersebut.

Dilanjutkan dengan melaksanakan pendampingan penggunaan Microsoft mathematics melalui pembelajaran di kelas pada tanggal 3 Oktober 2019 lalu, dengan materi diskusi mengenai evaluasi pelaksanaan dan software yang sudah dilaksanakan di kelas. (Affan)