UAD Inisiasi Pusat Informasi dan Konseling Remaja


Bantul, jurnalsumatra.com – Dalam rangka inisiasi pembentukan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) di Desa Argorejo, Sedayu, Bantul, Karang Taruna Desa Argorejo, Sedayu, Bantul, bekerja sama dengan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Sedayu dan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta menyelenggarakan pelatihan.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari pada 20-21 Juli 2019 bertempat di Balai Desa Argorejo, Sedayu, diikuti 26 orang peserta para remaja di Desa Argorejo. 

Dalam pelatihan ini menghadirkan narasumber yang berkompeten dalam mendukung pembentukan PIK-R di Desa Argorejo: Marsiana Wibowo, Erni Gustina, dan Siti Kurnia Widi Hastuti (Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan), Drs Didik Sudarmadi (Kepala Sub Bidang Bina Ketahanan Remaja BKKBN DIY), Joni Parasetyo (Ketua PIK-R Semarak Ngemplak Sleman, dan Tri Andriyati (Juara 1 Duta GenRe Jalur Masyarakat DIY 2018).

“Pusat informasi dan konseling remaja ini merupakan wadah bagi remaja dalam mengasah keterampilan hidup remaja menuju generasi berencana,” ungkap Drs. Didik Sudarmadi, Ketua Karang Taruna Argorejo.

Menurut Didik Sudarmadi, Pusat Informasi dan Konseling Remaja yang akan dibentuk di Desa Argorejo ini sangat penting bagi remaja desa. “Mengingat semakin meningkatnya perilaku berisiko remaja sekarang ini,” tandas Didik Sudarmadi.

Diharapkan dalam pelatihan ini menghasilkan sebuah komitmen untuk membangun PIK-R di Desa Argorejo dan telah terpilih kepengurusan inti dari PIK-R di desa ini, yaitu saudari Okta. 

Harapannya, melalui PIK-R yang telah diinisiasi ini mampu meningkatkan kemampuan remaja dalam menghadapi pengalaman hidupnya. (Affan)