UI Kukuhkan Tiga Guru Besar

Depok, jurnalsumatra.com – Universitas Indonesia (UI) mengukuhkan tiga guru besar yang semuanya dari rumpun ilmu kesehatan dan dipimpin ole Rektor Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met.


   Kepala Humas dan KIP UI Depok, Dr. Rifelly Dewi Astuti di Depok, Sabtu mengatakan guru besar yang dikukuhkan adalah Prof. dr. Asri C. Adisasmita, MPH., M.Phil., Ph.D yang merupakan guru besar bidang Ilmu Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UI.

  Kedua adalah Prof. Dr. R. Budi Haryanto, SKM., M.Kes, M.Sc. yang merupakan guru besar tetap bidang ilmu Kesehatan Lingkungan FKM UI dan ketiga, Prof. Dr. Abdul Mun’im, M.Si, Apt, guru besar tetap dalam bidang Bahan Alam Fakultas Farmasi (FF) UI.

  “Upacara pengukuhan dilakukan di Balai Sidang Kampus UI Depok yang akan dipimpin oleh Rektor UI,” katanya.

  Prof. Abdul akan menyampaikan pidatonya berjudul “Pemanfaatan Teknologi Hijau pada Pengembangan Bahan baku dan Obat Herbal”. Dalam rangka pengembangan obat herbal diperlukan sentuhan teknologi agar kualitas meningkat dan keamanan produk terjamin.

  Selanjutnya, Prof. Budi memaparkan pidato pengukuhan bertajuk “Perubahan Iklim dan Polusi Udara di Indonesia: Dampak Kesehatan dan Strategi Pengendaliannya.”

  Prof.Budi menuturkan perubahan iklim di Indonesia telah mempengaruhi ekonomi, kemiskinan, kesehatan manusia, dan lingkungan, termasuk meningkatnya emisi polusi udara, dimana sektor transportasi berkontribusi paling banyak (hingga 80 persen) diikuti oleh emisi dari industri, kebakaran hutan, dan kegiatan rumah tangga.

  Ditengarai, 50 persen dari angka kesakitan di Indonesia saat ini terkait dengan polusi udara.

  Sementara Prof. dr. Asri menyampaikan pidato pengukuhan berjudul ‘Implementation Science: Pendekatan Inovatif bagi Epidemiologi dalam Mentransformasikan Evidence to Action’.(anjas)