UIN Raden Fatah Palembang Laksanakan SPIP Zona Integritas

Palembang , jurnalsumatra.com – Rektor UINRF Palembang,  Prof Drs  Muhammad Sirozi, M A PhD membuka kegiatan Penguatan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) Zona Integritas oleh Gandjar Laksamana Bonaprapta, SH MH dari Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI), di ruang rapat rektorat Kampus A UIN Raden Fatah Palembang, Rabu (26/12/2018)

Kegiatan Implementasi Penguatan SPIP Zona Integritas di lingkungan UIN Raden Fatah Palembang diselenggarakan oleh Satuan Pengawasan Internal (SPI) yang diketuai oleh Mawardi SE MSiAk PIA, dengan mengusung tema “Mewujudkan tercapainya good university governance”.

Sirozi mengatakan bahwa UIN Raden Fatah Palembang terus memperukuat Sistem Pelayanan dan Pengendalian Internal menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Malyani (WBBM). Kendati demikian,  dia mengakui masih ada beberapa hal yang masih perlu ditingkatkan seperti sarana dan prasarana, dan Pelayanan Publik.

Sementara itu Narasumber KPK RI dalam kegiatan Implementasi SPIP Zona Integritas mengatakan bahwa Korupsi adalah Kejahatan yang tidak kasat mata dan berbeda dengan kriminalitas biasa.

“Korupsi sebagai kejahatan yang luar biasa, Pertama, karena berpotensi dilakukan oleh setiap orang. Kedua, Random Target/Random Victim. Ketiga, Kerugiannya besar dan meluas. Keempat, Terorganisasi atau oleh organisasi,”  ujar Gandjar LB.

Menurut Gandjar, untuk mencegah Kejahatan Korupsi diharapkan penanaman 9 Nilai Dasar Anti Korupsi yang disebut Jupe Mandi Tangker Sebedil. Yakni singkatan dari Jujur, Peduli,  Mandiri, Disiplin, Tanggungjawab, Kerja keras, Sederhana, Berani, dan Adil,” pungkasnya.  (Yanti)

Leave a Reply