Ukun Maju Ke Final Bulu Tangkis

Jakarta, jurnalsumatra.com – Pebulu tangkis Indonesia, Ukun Rukaendi, maju ke final nomor tunggal putra SL3 setelah menyingkirkan unggulan pertama asal India, Manoj Sarkar, 21-18, 22-20, di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat.
Kendati menghadapi unggulan pertama, Pak Ukun –demikian sapaan akrab Ukun– tampil begitu percaya diri dalam pertandingan yang berlangsung lebih dari satu jam tersebut, di hadapan dukungan penonton yang memadati tribun Istora.
Ukun yang lebih memainkan reli-reli panjang berhasil merebut poin gim pertama dengan skor cukup meyakinkan 21-18. Ukun yang begitu ekspresif selama bertanding bahkan melakukan sujud syukur ketika meraih poin gim pertama.
Ekspresifnya permainan Ukun sukses memancing dukungan dan sorak sorai yang lebih masif di gim kedua.
Ukun melaju dan di ambang kemenangan saat unggul 20-15 di gim kedua, sayangnya ia sempat kehilangan konsentrasi dan membuat Manoj mengejar 20-20.
Pilihan Ukun untuk mempertebal pertahanan demi menyambut pukulan-pukulan keras Manoj terbukti jadi strategi jitu. Dua pukulan Manoj tersangkut di net dan Ukun merebut gim kedua 22-20 demi memastikan satu tempat di partai final.
“Alhamdulillah ini mah menang berkat doa semuanya,” kata Ukun ditemui selepas kemenangannya.

Ukun juga mengaku sempat terlanjur ingin terburu-buru menyelesaikan pertandingan saat unggul 20-15 di gim kedua.
“Konsentrasi kurang fokus, ingin cepat-cepat habis. Ternyata susah mau diselesaikan langsung sekaligus,” ujarnya.
“Padahal sudah 20-15 ya, alhamdulillah masih bisa menang,” kata Ukun menambahkan.
Di partai final, Ukun akan kembali menghadapi wakil India, Pramod Bhagat, yang menyingkirkan tunggal putra Vietnam, Trinh Anh Tuan, 21-17, 18-21, 21-9.
Sementara itu Indonesia juga menempatkan wakil di partai final dua nomor lainnya yakni tunggal putra SL4 Fredy Setiawan yang mengalahkan sesama atlet Indonesia Hikmat Ramdhani 21-16, 21-5 serta ganda campuran SL3-SU5 Hary Susanto/Leani Ratri Oktila yang juga mengalahkan pasangan Indonesia Hikmat Ramdhani/Khalimatus Sadiyah Sukohandoko 21-17, 21-9.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three + nineteen =