Ulama : HUT Gereja BK Beri Penguatan Persaudaraan Antaragama

Palu, jurnalsumatra.com – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Palu, Sulawesi Tengah, Prof Dr KH Zainal Abidin MAg mengemukakan Bala Keselamatan (BK) dalam momentum perayaan HUT ke-125 BK memberikan pesan sekaligus penguatan nilai persaudaraan antaragama khususnya Islam dan Kristiani yang baik untuk patut di tiru.

  “Bala Keselamatan tidak hanya melibatkan internal mereka saja, tetapi juga melibatkan dari kalangan Islam, dan kalangan lainnya,” katanya  di Sigi, Jumat.

  Zainal Abidin yang merupakan Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sulawesi Tengah, bersama Sekretaria Dr H Muhtadin Dg Mustafa hadir dalam Kongres Ibadah Syukur kebangkitan pascabencana gempa, tsunami dan likuifaksi oleh pimpinan dan jemaat Bala Keselamatan di Lapangan Sepakbola Desa Maranata Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi.

  Salah satu susunan acara pada seremonial HUT Bala Keselamatan di Sigi, yaitu melantunkan sealawat kepada Nabi, yang dilantunkan oleh salah satu Majelis Selawat yang ada di Sulteng, di panggung utama HUT Bala Keselamatan.

  “Ini sangat baik, betapa Bala Keselamatan menunjukkan keterbukaan, pesan persaudaraan yang sangat baik,” ujar Dewan Pakar Pengurus Besar Alkhairaat itu.

  Ia menjelaskan, selawat yang dilantunkan oleh Majelis Selawat di dalamnya mengandung dzikir dan doa. Doa-Doa itu di maksudkan untuk kebaikan.

  Dengan begitu, kata dia, turut serta mendoakan agar pelaksanaan HUT BK dapat berjalan dengan baik dan sukses.

  “Betapa indahnya kehidupan ini, bila sesama pemeluk agama saling mendoakan tentang kebaikan,” kata Rois Syuria Nahdlatul Ulama (NU) Sulteng itu.

  Belasan ribu Jemaat Gereja Bala Keselamatan Indonesia menghadiri Kongres Ibadah Syukur untuk pemulihan kebangkitan daerah pascabencana gempa, tsunami dan likuifaksi, Jumat.

  “Salah satu rangkaian acara dalam HUT Bala Keselamatan yaitu ibadah syukur atau doa pemulihan pascabencana,” ucap Ketua Panitia HUT Bala Keselamatan, Robby Sakeon, di Sigi.

  Ibadah Syukur, dirangkaikan dalam kongres yang menjadi salah satu acara dalam peringatan HUT ke-125   Bala Keselamatan Indonesia.

  Jenderal Tertinggi Gereja Bala Keselamatan (BK) Internasional Jenderal Brian Peddie dan Komandan Teritorial Bala Keselamatan Indonesia Komisioner Peter Walker hadir dalam acara tersebut. Dua petinggi Balama Keselamatan itu hadir di lokasi acara sekitar pukul 08.00 WITA. Mereka didampingi oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Hidayat Lamakarate, Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta dan Ketua DPRD Sigi Rizal Intjenai.(anjas)