UM Palangkaraya Tuan Rumah Seminar Internasional IAPA

Palangka Raya, jurnalsumatra.com – Universitas Muhammadiyah Palangkaraya , Kalimantan Tengah menjadi tuang rumah pergelaran seminar internasional yang diselenggarakan “Indonesian Asscociation for Public Administration” atau Asosiasi Ilmu Administrasi Negara/Publik Indonesia (IAPA).
“Seminar ini diharapkan dapat meningkatkan kolaborasi pemerintahan untuk memperkuat daya saing di tingkat lokal dan global,” kata Ketua IAPA Prof Dr Eko Prasojo di Palangka Raya saat pembukaan seminar internasional, Kamis.
Dia juga berharap melalui seminar itu, anggota IAPA juga dapat memperkuat kualitas lulusan sehingga menghasilkan akademisi yang berdaya saing tinggi.
“Kini dunia menghadapi tantangan ‘global governance’. Disini IAPA harus mengambil tanggug jawab kolaboratif dengan pemerintah serta pihak untuk masyarakat dengan memperkuat daya saing ditingkat lokal dan global,” kata Eko Prasojo.
Sementara itu, Rektor UM Palangkaraya, Dr Bulkani dalam sambutannya berterima kasih kepada IAPA karena pihaknya diberikan kesempatan menjadi universitas swasta pertama yang menjadi tuan rumah seminar internaional IAPA.
“Jika ada ‘event’ nasional maupun internasional, dengan berkolaborasi dengan pemerintah daerah kami siap dan terbuka menjadi tuan rumah,” katanya.

  Bulkani pun berharap seminar internasional itu menghasilkan rekomendasi akademis yang dapat diimplementasikan pemerintah daerah terutama di Kalteng dalam rangka meningkatkan daya saing di tingkat lokal dan global.
Acara seminar yang dibuka Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin itu dihadiri sejumlah perwakilan perguruan tinggi di Kalimantan Tengah serta perwakilan anggota IAPA di Indonesia.
Turut hadir dalam acara itu seperti Plt Sekda Pemprov Kalteng Fahrizal Fitri, mantan Wali Kota Palangka Raya dan juga mantan Dekan FISIP UM Palangkaraya, Dr HM Riban Satia.
Sebagai narasumber seperti Anngus Shuenn-Ren Liou dari National Chung Kung University (NCKU), Taiwan, Dr Lizan E. Peranre Calina dari University of the Philippines dan Prof Mohammad Agus Yusoff dari Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM).
Selain itu juga ada Dirjen Binamarga Sugiyartanto, Bupati Banyuwangi A Azwar Anas dan Guru Besar Univesitas Negeri Palangakaraya (UPR) Prof Dr Sulmin Gumiri.(anjas)

Leave a Reply