Unand Dorong Mahasiswa Berwirausaha Sejak Dini

    Padang,  jurnalsumatra.com  –  Universitas Andalas (Unand)  Padang,  Sumbar mendorong mahasiswa untuk berwirausaha sejak dini atau saat masih duduk di bangku kuliah.
“Mahasiswa perlu kreatif dalam menciptakan usaha meski banyak beban kuliah ” kata Rektor Unand Prof Tafdil Husni, di Padang, Selasa.
Sebagai langkah mendorong ini pihak kampus secara rutin menggelar kuliah umum kewirausahaan dengan menghadirkan tokoh yang sukses jadi pengusaha.
Hal ini bertujuan mengenalkan sekaligus memotivasi mahasiswa untuk membuka usaha.
Sebab saat ini banyak mahasiswa yang ingin membuka usaha sendiri namun masih ragu dengan kemampuannya.
Dengan kuliah kewirausahaan ini dapat memotivasi mahasiswa tersebut untuk meneruskan cita-cita dengan tekad dan semangat yang tinggi.
Mahasiswa yang dapat berusaha sejak kuliah dinilai lebih matang dibanding pendahulunya.
Upaya menumbuhkan wirausaha di tengah kampus juga bertujuan menciptakan partisipasi  dalam mengurangi pengangguran.
Dengan mengubah pandangan mahasiswa dari sebagai pekerja dan menjadi penghasil lapangan kerja menjadi prioritas tujuan wirausaha tersebut.
Seperti sebelumnya ke depan pihaknya akan terus konsisten mendatangkan sejumlah tokoh dan pengusaha nasional untuk menjadi narasumber dalam kuliah kewirausahaan.
Sementara itu, Koordinator Kopertis X Prof Herri mengatakan seluruh kampus baik swasta dan negeri memiliki peranan strategis dalam penciptaan sumber daya unggulan.
Salah satunya melalui pengadaan kuliah umum kewirausahaan dapat membantu mahasiswa lebih memiliki daya saing.
Sebab dengan masuk dunia berdagang akan ada persaingan kuat di dunia, ini menjadi pengalama  dan pembelajaran untuk berkembang.(anjas)

Leave a Reply