UNBK SMP Berjalan Lancar


Yogyakarta, jurnalsumatra.com –  UNBK tingkat SMP kali ini lancar semua dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Karena untuk di Yogyakarta mengerjakan ujian dengan komputer sudah ada pelatihan beberapa kali. Bahkan sudah latihan hingga 12 kali untuk membiasakan diri.

Hal itu disampaikan Wakil Walikota Yogyakarta Drs Heroe Poerwadi, MA ketika kunjungi siswa-siswi peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMP Negeri 8 Yogyakarta, Rabu (24/4/2019) pagi. 

Selain melakukan monitoring, kehadiran Wakil Walikota Yogyakarta kali ini sekaligus untuk memberikan semangat dan motivasi bagi peserta UNBK.

Usai bertatap muka langsung dengan Wakil Walikota Yogyakarta peserta UNBK di SMP Negeri 8 Yogyakarta mengaku bisa menjalani UNBK dengan lancar dan tanpa hambatan hingga sampai hari ke tiga ini.

Meski begitu, mereka mengeluhkan bobot soal bahasa Indonesia yang dinilainya paling sulit dibandingkan mata pelajaran lain. Namun, secara keseluruhan proses UNBK di SMP Negeri 8 Yogyakarta berjalan lancar, meski ada beberapa masalah seperti sinyal internet namun bisa diatasi.

Menyoal masalah itu, menurut Heroe Poerwadi, ada satu sekolahan yang internetnya sempat drop. “Tapi tidak lama bisa diatasi,” tandas Heroe Poerwadi, yang menambahkan ada beberapa sekolah yang masih menumpang karena sekolah-sekolah itu siswanya tidak terlalu banyak.

Sementara itu dijelaskan Kepala Sekolah SMP Negeri 8 Yogyakarta Ratna Wuryaningsih, pihaknya menyediakan enam ruangan untuk 11 kelas. “Termasuk juga melayani gabungan dari sekolah lain,” papar Ratna Wuryaningsih, yang menambahkan sejauh ini pelaksanaan UNBK di SMP Negeri 8 Yogyakarta berjalan lancar.

Kabag Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Dedi Budiono mengatakan, peserta UNBK terdiri dari 8.003 siswa-siswi SMP, baik negeri maupun swasta yang tersebar di 58 sekolah yang ditunjuk sebagai penyelenggara UNBK. Dan seperti tahun lalu, UNBK dilakukan dalam dua sesi saja. (Affan)