Unima Manado Targetkan Institusi Terakreditasi A

     Tondano, jurnalsumatra.com – Universitas Negeri Manado (Unima) menargetkan bisa meraih akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk akreditasi institusi perguruan tinggi.
Target Unima bisa meraih akreditasi A, meskipun untuk medapatkannya tidak semudah membalikan telapak tangan, kata Rektor Unima Prof DR Julyeta P.A. Runtuwene di Tondano, Selasa.
Ia mengatakan upaya yang dilakukan diantaranya, pembenahan bidang akademik, meningkatkan kualitas lulusan, meningkatkan SDM jumlah tenaga pendidik jenjang S3 dan guru besar, meningkatkan jumlah penelitian dan pengabdian para dosen, pembentukan tim akreditasi dan lainnya.
“Hal ini butuh kerja keras dan topangan dari semua elemen di civitas akademika Unima,” ujarnya.
Julyeta mengatakan akreditasi merupakan penentuan standar mutu dan penilaian suatu lembaga pendidikan (perguruan tinggi) oleh pihak di luar lembaga yang independen.
“Akreditasi juga diartikan sebuah upaya pemerintah untuk menstandarisasi dan menjamin mutu alumni perguruan tinggi sehingga kualitas lulusan antar universitas tidak terlalu bervariasi dan sesuai kebutuhan kerja,” katanya.
Tim Media Center Unima Irwani Maki menjelaskan pada pembukaan buku naskah akademik akreditasi institusi perguruan tinggi, dijelaskan bahwa akreditasi merupakan proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan Tridarma perguruan tinggi, untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan.

     “Evaluasi dan penilaian dalam rangka akreditasi institusi dilakukan oleh tim asesor yang terdiri atas pakar yang memahami hakikat pengelolaan perguruan tinggi,” ujarnya.
Setidaknya, lanjut Irwani, ada beberapa tujuan dan manfaat dari akreditasi itu sendiri, yakni memberikan jaminan bahwa institusi perguruan tinggi yang terakreditasi telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh BAN-PT, sehingga mampu memberikan perlindungan bagi masyarakat dari penyelenggara perguruan tinggi yang tidak memenuhi standar.
Mendorong perguruan tinggi untuk terus menerus melakukan perbaikan dan mempertahankan mutu yang tinggi, hasil akreditasi dapat dimanfaatkan sebagai dasar pertimbangan dalam transfer kredit perguruan tinggi, pemberian bantuan dan alokasi dana, serta pengakuan dari badan atau instansi lain.
Ia menambahkan penilaian akreditasi meliputi, kurikulum dari setiap program pendidikan, jumlah tenaga pendidik, keadaan mahasiswa, koordinasi pelaksanaan pendidikan, termasuk persiapan sarana dan prasarana kemudian kesiapan administrasi akademik, kepegawaian, keuangan dan rumah tangga dari perguruan tinggi.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 2 =