Universitas Jember Buka Lima Program Studi Baru

    Jember, jurnalsumatra.com – Universitas Jember, Jawa Timur, membuka lima program studi baru yakni program studi Teknik Lingkungan, Teknik Perkapalan, dan Teknik Perminyakan di Fakultas Teknik, sedangkan program studi Penyuluhan Pertanian dan program studi Peternakan dibuka di Fakultas Pertanian.
“Alhamdulillah, izin kelima program studi baru sudah terbit dan mudah-mudahan tahun depan sudah menerima mahasiswa baru,” kata Rektor Universitas Jember M. Hasan saat memberikan sambutan di hadapan ratusan wisudawan periode III tahun akademik 2017/2018 di Gedung Soetardjo kampus setempat, Sabtu.
Menurutnya, khusus program studi Peternakan akan berada di Universitas Jember Kampus Kabupaten Bondowoso yang kampusnya sudah diresmikan beberapa waktu lalu.
“Kami juga masih menunggu terbitnya izin untuk program studi Ilmu Gizi. Pembukaan program studi baru itu menjadi hadiah Dies Natalis ke-53 Universitas Jember pada 10 November 2017,” katanya.
Kepada ratusan wisudawan, Hasan berpesan agar tetap belajar walaupun sudah meraih gelar sarjana dengan salah satu caranya menerapkan prinsip 4C yakni “critical thinking, communication, collaboration dan creativity”.

     “Saya harapkan alumni Universitas Jember menjadi sosok-sosok yang selalu berpikir kritis, memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, sanggup berkolaborasi dan terus mengasah kreativitas, sehingga mampu bersaing dan jangan lupa dimana pun anda berada harus menjaga nama baik almamater,” tuturnya.
Rektor Universitas Jember juga memberikan penghargaan kepada para perwakilan wisudawan yang lulus dengan pujian yakni Peni Puji Lestari yang merupakan lulusan dari Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya dengan raihan IPK 3,92. Sementara untuk kategori strata dua (S2) terpilih Salma Fauziyyah dengan IPK 3,96 dari Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis.
Kemudian kategori Diploma yakni Dicky Darmawan dari program Diploma Teknik Sipil Fakultas Teknik menjadi yang terbaik dengan IPK 3,87, sedangkan Nungky V. Feranita dari Program Doktor Ilmu Administrasi FISIP menjadi yang terbaik untuk strata tiga (S3).
Dalam upacara wisuda Universitas Jember periode III tahun akademik 2017/2018, turut diwisuda mahasiswa asal luar negeri yakni Rakotoarison Joary Nirina dari Madagaskar yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG).(anjas)

Leave a Reply