Unja Siapkan 1.000 Komputer Guna Pelaksanaan UTBK

Jambi, jurnalsumatra.com – Universitas Jambi (Unja) menyiapkan seribu unit komputer dengan menggandeng 10 sekolah untuk pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang menjadi syarat mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2019.

  “Kita menyiapkan 1.000 perangkat komputer, yang mana komputer tersebut Unja bermitra dengan 10 sekolah,” kata Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Jambi, Prof RA Muthalib, di Jambi, Jumat.

  Dia mengatakan, sepuluh sekolah yang bermitra dengan Unja untuk penyediaan komputer dalam pelaksanaan UTBK itu antara lain, SMA Titian Teras Muarojambi, SMAN 1 Muarojambi, SMAN 1 Kota Jambi, SMAN 3 Kota Jambi, SMKN 4 Kota Jambi, SMAN 6 Kota Jambi, SMKN 1 Kota Jambi, SMKN 3 Kota Jambi, SMA Adyaksa, SMA Xaverius.

  “Jadi kita bermitra dengan 10 sekolah negeri dan swasta dan UTBK akan digelar di sekolah tersebut dan sebagian di Unja,” katanya menjelaskan.

  Mulai tahun ini, persyaratan untuk mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) 2019 adalah wajib mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

  Pendaftaran UTBK untuk gelombang pertama dibuka pada 1-24 Maret 2019 dan gelombang keduanya mulai 25 Maret hingga 1 April 2019.

  Adapun untuk mendaftar UTBK itu melalui laman https://pendaftaranutbk.sbmptn.ac.id menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan  Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) untuk mendapatkan<em> username </em>dan<em> password.</em>

  Waktu pelaksanaan tes untuk peserta pendaftar gelombang pertama tanggal 13 April – 4 Mei 2019 dan waktu pelaksanaan tes atau ujian untuk peserta pendaftar gelombang kedua tanggal 11-26 Mei 2019.

  Dalam pelaksanaan tes itu akan dibagi menjadi kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dengan materi ujian TPS dan TKA Saintek (Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi).

  Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi ujian TPS dan TKA Soshum (Matematika Soshum, Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi).

  Setelah tahapan UTBK tersebut selesai, kemudian untuk jadwal SBMPTN pendaftaran akan dibuka dari tanggal 10-24 Juni 2019. UTBK menjadi syarat wajib untuk mendaftar SBMPTN 2019.(anjas)