UP2KP Pastikan Pembangunan RS Tipe B Merauke

    Jayapura, jurnalsumatra.com – Unit Percepatan Pembangunan Kesehatan Papua (UP2KP) memastikan kelanjutan pembangunan rumah sakit tipe B di Kabupaten Merauke yang tersendat.
“Kami tim dari UP2KP sudah berangkat ke Merauke pada pertengahan April 2018, untuk mengecek kepastian kelanjutan pembangunan rumah sakit tipe B itu,” kata Kepala Bidang Respons Emergensi UP2KP Darwin Rumbiak, di Jayapura, Rabu.
Selain itu, lanjut Darwin, tim yang turun juga memastikan hasil pertemuan antara Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua dan Bupati Merauke terkait pembangunan rumah sakit tipe B Merauke pada 2017.
Adapun hasil kesepakatan pada 2017 bahwa ada pembagian tugas terkait pembangunan rumah sakit tersebut, yakni antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Papua, dan Pemerintah Kabupaten Merauke.
“Kabupaten Merauke berkomitmen akan menopang proses pembangunan rumah sakit yang menjadi kebijakan dari pemerintah pusat, dan dilaksanakan oleh pemerintah provinsi,” kata Darwin.

     Menurut Darwin, pemerintah provinsi menyediakan dana awal untuk pembangunan rumah sakit tersebut sebagai aplikasi dari program Kementerian Kesehatan atau dari Pemerintah Pusat, namun hingga kini pembangunan rumah sakit itu belum dilanjutkan.
Kementerian Kesehatan juga secara langsung akan menopang pembangunan rumah sakit tersebut, karena merupakan program pemberdayaan dari pemerintah provinsi sekaligus persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020.
Saat itu, ujar dia, tim sudah menemui Kepala Dinas Kesehatan Merauke Adolf Bolang untuk membicarakan kelanjutan pembangunan rumah sakit tersebut.
Adolf menyatakan pembangunan rumah sakit itu akan dilanjutkan.
Menurut dia, Bupati Merauke Frederikus Gebze juga merespons pembangunan rumah sakit itu dengan baik dan siap mengalokasikan dana untuk kelanjutan pembangunannya.(anjas)

Leave a Reply