Usai Lebaran Cabup Lahat Akan Debat Kembali

Lahat, Sumsel, jurnalsumatra.com – Debat publik lima pasang calon kepala daerah Kabupaten Lahat, yakni rencananya dilaksanakan pada 20 Juni 2018 mendatang, tak lama sebelum jelang Pilkada di 27 Juni 2018. Acara yang rencana disiarkan melalui media televisi TVRI dengan siaran tunda di 21 Juni untuk siaran regional, streaming acara dan 23 Juni untuk siaran nasional.

Bekerjasama pula dengan radio lokal juga dan media lainnya sebagai alat penyiaran. Setiap 5 pasangan calon diperkenankan membuat iklan visi misi mereka di durasi 1 menit masing-masing.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lahat Samsurizal Nusir BSc, persiapan pra debat publik pasangan calon telah dilaksanakan kemarin Jumat (1/6/2018) dimulai sekitar pukul 10.00 diwakili setiap pasangan calon untuk tahu rule model acara untuk hadir pada paparan ini.

Tujuan debat publik selain setiap paslon menyampaikan visi misi juga masyarakat kelak bisa melihat performa setiap pasangan yang bakal menjadi pemimpin Lahat kedepan hingga lima tahun yang akan datang.

“Acara dilaksanakan sekitar 120 menit¬†¬† dengan melibatkan pihak akademisi, dan tim lainnya yang independen. Beberapa aturan debat publik kelak juga disampaikan pihak KPU. Serta perkiraan pendukung masing-masing yang bisa masuk ke lokasi debat publik, pengamanan dan sebagainya melibatkan pula pihak TNI dan Polri,” ujarnya.

Ia mengatakan, sebelumnya para Cabup akan melaksanakan Istiqosah pagi hari di lapangan Seganti Setungguan. Dan kini tengah dipersiapakan, perkembangan selanjutnya tentang pelaksanaan istiqosah akan menyusul.

“Harapan kita dengan adanya acara debat, maka publik Lahat bisa tahu tentang gambaran para Cabup untuk dipilih karena tema yang disampaikan akan mengandung Visi dan Misi pembangunan Lahat kedepan,” terang Samsulrizal, kemarin. (Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 4 =