Valverde Tidak Prioritaskan Liga Champions

    Barcelona, jurnalsumatra.com – Pelatih Barcelona Ernesto Valverde mengatakan dirinya tidak akan memprioritaskan Liga Champions terharap mempertahankan Liga Spanyol musim ini, meski Lionel Messi berjanji untuk melakukan semua yang memungkinkan untuk mengakhiri kemerosotan terkini tim di kompetisi papan atas Eropa.
Barcelona memenangi gelar liga dan mengangkat trofi Piala Raja pada musim lalu, namun perjalanan mereka “dinodai” oleh disingkirkan AS Roma pada fase perempat final Liga Champions ketika Real Madrid sukses memenangi trofi prestisius tersebut untuk tahun ketiga secara beruntun dan saat ini telah 13 kali menjuarai Liga Champions.
Kapten baru Barca Messi mendeklarasikan pada Rabu bahwa kegagalan di Liga Champions musim lalu merupakan “duri bagi timnya,” sambil menambahi bahwa timnya “akan melakukan segalanya untuk memastikan trofi indah itu kembali ke stadion ini.”
Bagaimanapun, Barca telah memenangi gelar liga dalam lima musim ketika mereka mengangkat trofi Liga Champions, yang terakhir kali mereka lakukan pada 2015, dan Valverde meyakini jalan terbaik untuk kembali melakukannya adalah untuk memastikan timnya merupakan tim terbaik di Spanyol.
“Kami memprioritaskan semuanya,” kata sang pelatih pada konferensi pers pada Jumat, menjelang pertandingan pembukaan liga melawan Alaves.
“Kami selalu berjuang untuk Liga Champions, kami melakukannya pada musim lalu dan kami akan selalu melakukannya, dan kami tahu cara terbaik untuk menjuarai Liga Champions adalah menjuarai Liga Spanyol.”

“Itulah yang selalu terjadi. Jika Anda fokus di liga Anda fokus menjadi yang terbaik sepanjang tahun, dan hal itu membuat kami lebih mudah untuk mencapai tujuan-tujuan kami.”
Valverde mengatakan Barca menjalani pramusim yang lebih rileks dibanding tahun lalu, ketika persiapan-persiapan mereka secara tidak terduga mendapat rintangan dengan penjualan Neymar ke Paris St Germain.
“Jika saya mengenang setahun silam saya ingat bahwa kami memiliki beberapa kesulitan pada Agustus dan pada saat itu semua terlihat rumit, namun kami mengakhirinya dengan menjuarai liga,” ucapnya.
“Sekarang kami memiliki tantangan-tantangan baru dan kesulitan-kesulitan baru, karena hal tersulit adalah untuk berusaha dan mengisi ulang baterai-baterai kami untuk kembali menang. Saya telah mengatakan sebelumnya bahwa hal tersulit bukan kemenangan, namun kembali meraih kemenangan.”
Sang pelatih juga ditanyai mengenai pengumuman Liga Spanyol untuk memainkan pertandingan-pertandingan reguler di AS, yang berpotensi diawali pada musim ini.
“Pada pandangan pertama ide memainkan pertandingan kompetitif di luar negeri terdengar aneh, namun kami melakukannya dengan Piala Super Spanyol, dan jika seseorang mengatakan kepada kami sebelumnya bahwa itu akan dimainkan di Maroko kami juga akan berpikir itu hal yang aneh,” tambahnya.
“Namun sepak bola melintasi batas-batas yang biasa di olahraga. Kita lihat saja bagaimana hal itu berjalan.”(anjas)

Leave a Reply