Wabup Bangka Tekankan Asn Harus Netral

    Sungailiat, jurnalsumatra.com – Wakil Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Syahbudin menekankan seluruh aparatur sipil negara (ASN) di daerahnya harus benar-benar dalam pelaksanaan Pemilu 2019.
“Saya tekankan berkali-kali ASN harus netral, tidak boleh ada yang terlibat politik praktis dalam pelaksanaan pemilu 2019,” katanya di Sungailiat, Senin.
Dia mengatakan, berdasarkan pasal 2 huruf f undang- undang nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, bahwa setiap pegawai ASN tidak berpihak dari segala pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun.
“ASN dilarang melakukan perbuatan yang mengarah pada keberpihakan salah satu calon atau perbuatan yang mengindikasikan terlibat dalam politik praktis atau berafiliasi dengan partai politik,” jelasnya.

  Dia mengatakan, ASN yang melakukan pelanggaran kode etik selain dikenakan sanksi moral, dapat dikenakan tindakan administratif sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
“Tindakan administratif dapat berupa sanksi hukuman disiplin ringan maupun hukuman disiplin berat sesuai dengan pertimbangan tim pemeriksa,” katanya.
Dia menjelaskan, ancaman Hukuman Disiplin Tingkat Sedang berupa, penundaan kenaikan gaji berkala selama satu tahun, penundaan kenaikan pangkat selama satu tahun dan penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama satu tahun.
“Saya minta seluruh ASN dapat mematuhi undang-undang tersebut, dan ASN lebih memfokuskan dalam memberikan pelayanan masyarakat,” katanya.(anjas)

Leave a Reply