Wabup Buka Acara Musrenbang

Lahat, jurnalsumatra.com – Awalnya pada Kamis (23/01/2020) Bupati Lahat Cik Ujang SH yang membuka acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) yang dipusatkan di Kecamatan Merapi Barat, Kecamatan Merapi Timur, dan Kecamatan Merapi Selatan.

Hadir dalam kegiatan itu, Anggota DPRD Kabupaten Lahat Dapil II Merapi Area, Assisten, Staf Ahli, Jajaran OPD, Camat se Merapi Area,Kapolsek Merapi, Danramil Merapi, Pimpinan Perusahaan, seluruh Kades Merapi, Ketua BPD,Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Organisasi dan para Tamu Undangan.

Kini, pada Jum’at (24/01/2020) giliran Wakil Bupati (Wabup) Lahat H Haryanto SE MM membuka acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Desa Kerung Kecamatan SelatanTahun 2021 mengenai Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Lahat Tahun 2021 berlansung di Gedung serba Guna di Desa Kerung.

Dalam pidatonya, Wabup menyampaikan, bahwa maksud dari pelaksanaan Musrembang ini adalah untuk penyelarasan prioritas dan sasaran pembangunan, klarifikasi usulan kegiatan yang disampaikan masyarakat, penyepakatan prioritas, sasaran, indikator, target kinerja, lokasi, kelompok sasaran, dan pagu indikatif program/kegiatan.

Adapun tujuannya yaitu tersusunnya dokumen Rancangan Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Lahat 2021. Pelaksanaan Musrenbang yang dilaksanakan hari ini merupakan rangkaian dari tahapan Penyusunan RKPD Tahun 2021 yang telah diawali dengan penyelenggaraan Musrembang tingkat Desa/ musrenbang tingkat Kecamatan.

Dalam tahapan tersebut Pemerintan Daerah telah menginventarisir berbagai usulan dan permasalahan yang terjadi dalam masyarakat yang selanjutnya akan dipertemukan dengan program dan kegiatan yang telah dirumuskan.
Selain itu, Wakil Bupati Lahat H.Haryanto juga menyampaikan gambaran mengenai RPJMD.

Adapun Visi Misi yang dirumuskan dalam RPJMD adalah “Terwujudnya Masyarakat Lahat Yang Mandiri, Berkeadilan Dan Religius Melalui Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Yang Unggul Dan Berdaya serta Lahat Becahaya.

Dengan misi meliputi, Penguatan Infrastruktur di bidang pembangunan daerah, pengembangan kualitas sumber daya manusia dengan upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat di sektor pendidikan dan sektor kesehatan.

Tentunya kita semua berharap bahwa Musrenbang hari ini akan mencapai sasaran yang diharapkan dengan melahirkan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Lahat Tahun 2021 yang selaras dengan perencanaan di tingkat Provinsi maupun pusat, dan tentunya mampu mengantarkan masyarakat Lahat menjadi masyarakat yang sejahtera dan sebagai daerah yang maju”. Harapnya.

menyampaikan bahwa dalam hal penyampaian RKPD Tahun 2021 ini merupakan salah satu agenda prioritas nasional dan terkait dengan proses perencanaan pembangunan daerah di seluruh indonesia.

Hal ini merupakan upaya untuk mendukung pencapaian salah satu nawa cita, yaitu membangun Indonesia dari Pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan Desa dalam Kerangka Negara Kesatuan. Iya mengharapkan penyampaian RKPD nantinya berdampak positif bagi daerah dan sumber daya manusianya di berbagai bidang maupun sektor.

Hadir dalam acara tersebut Camat Lahat Selatan, Camat Mulak Ulu, Camat Mulak Sebingkai, Camat Pagar Gunung, Camat Kota Agung, Camat Pulu pinang Camat Gumay Ulu, empat anggota DPRD Davil 3 dan seluruh kades Davil 3. (Din)