Wabup: GSB Merupakan Kegiatan Rutin Tahunan

TanahDatar, Sumbar, Jurnalsumatra.com – Galanggang Siliah Baganti (GSB) merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Tanah Datar dalam rangka melestarikan  silat  di Luhak Nan Tuo kabupaten Tanah Datar.

IPSI Tanah Datar siap menggelar GSB X yang akan dilaksanakan di GOR Cindua Mato Batusangkar, seperti yang terungkap pada rapat akhir di rumah dinas wakil bupati yang dipimpin lansung  Wakil Bupati Zuldafri Darma sekaligus Ketua IPSI Tanah Datar, Kamis (12/12/2019).

Hadir pada acara tersebut Pengurus IPSI Tanah Datar dan kecamatan, Camat, Walinagari, Pemerhati Silat, Ketua Perguruan se Tanah Datar serta puluhan anggota pelaksana.

Ketua IPSI Tanah Datar Zuldafri Darma mengatakan silat merupakan salah satu tradisi bela diri di Tanah Datar yang telah turun temurun dari leluhur, yang perlu dilestarikan  dan salah satu bentuknya kegiatan GSB sebagai ajang tampil para pesilat.

“Untuk itu mari kita gelorakan silat di Luhak Nan Tuo salah satunya dengan mensukseskan kegiatan GSB ke X tahun 2019,” ajak Zuldafri.

Kepada panitia wabup, berpesan, segala sesuatu segera dipersiapkan direncanakan pembukaan akan dihadiri Ketua IPSI Sumbar yang juga akan melakukan pengukuhan pengurus IPSI Tanah Datar.

“Mari kita sukseskan bersama-sama kegiatan ini, khusus untuk sasaran silat yang ada di Luhak nan tuo untuk mengutus atletnya mengikuti kegiatan GSB mendatang dan kepada masyarakat diharapkan beramai-ramai menyaksikannya,” ajaknya lagi.

Sementara itu Ketua Pelaksana Afrizal mengatakan untuk GSB tahun ini telah disiapkan semuanya mulai dari sekretariat pendaftaran peserta (mulai tanggal 10 Desember kemaren), tempat  dan rencana susunan kegiatan.

Afrizal juga tambahkan peserta pada tahun ini diikuti dari tingkat SD,SMP dan SMA pasangan putra dan putri dari 75 nagari yang ada di Tanah Datar.

“Insyaallah GSB X ini akan di buka langsung Gubernur Sumbar yang bertempat di GOR Cindua Mato Batusangkar  Jum’at 13 Desember 2019 pukul 14:00 wib sekaligus pengukuhan pengurus IPSI Tanah Datar periode 2019-2023,” sampai Afrizal. (Myt)