Wabup Indramayu Harapkan Pilkades Lahirkan Pemimpin Bijak

    Indramayu, jurnalsumatra.com – Wakil Bupati Indramayu, Jawa Barat, Supendi berharap Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang akan digelar pada tanggal 13 Desember 2017 dapat terlaksana dengan sukses dan melahirkan pemimpin desa dari hasil proses demokrasi yang bijak.
“Kami harapkan Pilkades nanti bisa melahirkan pemimpin desa yang bijak dan dipilih secara demokrasi,” kata Supendi di Indramayu, Jumat.
Supendi menjelaskan sampai dengan pelaksanaan kampanye ini secara umum situasi kamtibmas di wilayah Kabupaten Indramayu masih dalam keadaan aman dan kondusif.
Hal ini berkat kesigapan aparat dan panitia yang berada di lapangan. Sementara untuk logistik dipastikan sudah 90 persen rampung.
“Alhamadulilah sampai sekarang situasi di Indramayu berjalan aman, aparat keamanan juga sudah tersebar di semua desa,” tuturnya.
“Mari kita jaga situasi aman ini sampai seluruh tahapan Pilkades selesai dan lahir pemimpin baru di desa,” ujarnya.
Wabup juga meminta kepada Camat, Kapolsek, Danramil, untuk melaporkan kepada pihaknya apabila terdapat desa yang dimungkinkan terjadi potensi konflik.

    “Jika ada desa dengan potensi konfilk tinggi, kita bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah akan mendatangi desa tersebut sehingga konflik bisa kita cegah,” kata Supendi.
Pada kesempatan itu juga, Wabup menegaskan kepada panitia pemungutan suara agar benar-benar melaksanakan tugasnya sesuai dengan aturan yang ada dan tidak gegabah.
Dia memberikan catatan di antaranya perhitungan suara jangan sampai larut malam. Selanjutnya dalam pendistribusian kartu panggilan ke rumah-rumah harus disertai dengan panitia, perangkat desa, maupun perwakilan calon.
Kemudian dalam antrean, panitia tidak boleh melakukan pemanggilan kepada warga namun harus berdasarkan urutan datang terlebih dahulu.
“Warga yang datang dahulu dipersilahkan masuk untuk memberikan hak pilih, jangan dipanggil nama sehingga ini akan membutuhkan waktu lama dan dapat merubah situasi,” jelasnya.
Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Indramayu, Dudung Indra Ariska mengatakan, tahapan Pilkades terbagi kedalam empat tahapan yakni persiapan, pencalonan, pemungutan, perhitungan suara dan penetapan Kepala Desa.
“Pilkades serentak ini diikuti oleh 482 calon Kades, namun dalam perjalanan proses tahapan pencalonan terdapat tiga calon yang mengundurkan diri dengan alasan tidak jelas sehingga yang mengikuti kontestasi Pilkades berjumlah 479 calon,” katanya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 + 3 =