Wabup Inspeksi BKPP Terkait Tindak Lanjut Hasil Sakip

Gorontalo, jurnalsumatra.com – Wakil Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu melakukan inspeksi secara mendadak di Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) setempat, terkait dengan tindak lanjut hasil penilaian laporan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

  “Baru-baru ini atau untuk Tahun Anggaran 2019, kita meraih nilai B atau hanya naik 0,12 persen dari tahun 2018 lalu. Meski belum maksimal, pelan-pelan kita berupaya mendapatkan penilaian SAKIP terbaik atau minimal untuk tahun 2020 ini dapat meraih nilai BB,” ujarnya di Gorontalo, Jumat (28/2).

  Salah satu upaya yang dilakukan, yaitu mendatangi seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) yang berkaitan dengan perencanaan kinerja, yaitu BKPP, Inspektorat, Bappeda, dan Bagian Organisasi Tata Laksana (Ortala).

  “Seluruh OPD tersebut akan didatangi secara bergilir agar pemerintah daerah ini dapat melaksanakan delapan poin rekomendasi perbaikan SAKIP,” ujar dia.

  Ia optimistis bahwa pemerintah daerah mampu melakukan perencanaan dan peningkatan kinerja yang lebih baik, secara cepat didukung seluruh OPD.

  Dalam perencanaan kinerja, katanya, pemerintah daerah pun berencana memberikan penghargaan bagi aparatur berprestasi dan hukuman bagi aparatur yang tidak mampu melaksanakan kinerjanya dengan baik.

  Pemberian penghargaan dan hukuman tersebut, kata Wabup Thariq Modanggu, berkaitan erat secara langsung terhadap sistem promosi pegawai dan pejabat yang akan diterapkan berbasis prestasi.

  “Tentu ada ukuran-ukurannya. Aparat yang mendapat ‘punishment’ (penghukuman) pasti tidak akan dipromosi, begitu pun sebaliknya, aparat yang meraih ‘reward’ (penghargaan) akan didorong untuk dipromosikan,” tuturnya.

  Ia mengatakan bahwa secara perlahan perbaikan sistem perencanaan kinerja dan implementasi di birokrasi tersebut akan dilakukan agar daerah setempat minimal meraih penilaian BB dalam penerapan SAKIP 2020.(anjas)