Wabup Lantik PJ Wali Nagari Sungaitarab

TanahDatar, Sumbar, Jurnalsumatra.com  – Sesuai Peraturan Daerah Kabupaten Tanah Datar Nomor 1 Tahun 2017 tentang pemilihan, pengangkatan dan pemberhentian Wali Nagari maka jabatan Wali Nagari jangan sampai terjadi kekosongan jabatan, karena itulah diperlukan diangkat penjabat sementara yang disebut Pj Wali Nagari. 

Hal ini diungkapkan Wabup Tanah Datar Zuldafri Darma dalam sambutannya di hadapan Staf Ahli Bupati Nuryedisman, Kalaksa BPBD Tanah Datar Thamrin, Camat Sungai Tarab Afrizal, Forkopimca, Wali Nagari, BPRN dan KAN Sungai Tarab serta tokoh masyarakat pada acara pelantikan dan serah terima jabatan Wali Nagari Sungai Tarab, Senin (2/12/2019) di gedung serba guna setempat. 

Wabup Zuldafri Darma di kesempatan itu juga menyampaikan ucapan terima kasih atas pengabdian dan dedikasi Emrizal selaku Wali Nagari Sungai Tarab selama pengabdiannya. “Tentunya genap 6 tahun masa pengabdian pak Wali Emrizal memimpin Sungai Tarab bukanlah hal yang mudah untuk dicapai, tentunya banyak cobaan, halangan ataupun hambatan yang dilalui, Alhamdulillah ternyata beliau mampu melaluinya sampai hari ini. Tentu hal itu harus diberikan apresiasi tersendiri, namun tentunya selepas tidak menjabat lagi, hendaknya terus juga membantu nagari kita ini,” sampainya. 

Dan kepada Pj. Wali Nagari, tambah Wabup, diucapkan selamat bekerja mengemban amanah yang diberikan oleh Pemda Tanah Datar. “Jabatan Wali Nagari merupakan jabatan yang sangat berat, apapun yang terjadi, berlaku ataupun berlangsung di nagari, sejatinya harus diketahui Wali Nagari. Karena itu juga Saya minta kepada aparatur di Kantor Wali Nagari dan juga mamak kita di KAN, BPRN dan tokoh masyarakat Sungai Tarab mendukung penuh kepada Pj. Wali seperti dukungan kepada Wali defenitif, apalagi tugas berat lainnya oleh Pj. Wali Nagari adalah persiapan pemilihan Wali Nagari defenitif,” tambah Zuldafri.

Sehubungan tugas berat menanti itu, Wabup Zuldafri Darma juga berharap kepada Pj. Wali Nagari menggandeng seluruh elemen di Nagari Sungai Tarab. “Saudara Syarial selaku Pj. Wali diharapkan segera menyesuaikan diri dengan masyarakat dan berkoordinasi dengan seluruh unsur nagari agar roda pemerintahan nagari dapat berjalan baik untuk Nagari Sungai Tarab yang lebih baik,” tukasnya. 

Sementara itu harapan yang sama disampaikan Camat Sungai Tarab Afrizal agar masyarakat, unsur pemerintahan bersama seluruh aparatur nagari untuk mendukung penuh program dan kegiatan Pj. Nagari. “Pj. Wali Nagari mempunyai tugas dan kewajiban bahkan hak yang sama dengan Wali Nagari defenitif, karena itu tentu diharapkan dukungan dan kerjasama seluruh elemen dan unsur di nagari. Terutama juga kepada aparatur nagari agar memberikan dukungan penuh, jangan mentang-mentang masih penjabat layanan dibedakan, karena sesuai aturan Pj juga punya hak mengangkat dan memberhentikan aparatur yang akan membantunya,” pesan Afrizal. 

Sebelumnya Wali Nagari yang lama Emrizal menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kerjasama seluruh masyarakat dan unsur di Nagari Sungai Tarab selama masa tugasnya. “Alhamdulillah, atas dukungan kita bersama, Saya bisa menuntaskan 6 tahun masa jabatan dan pengabdian sebagai Wali Nagari, masih banyak program dan kegiatan serta cita-cita yang belum tertuntaskan, namun Insya allah ke depan dukungan dan kerjasama dari Wali Nagari baru hendaknya bisa tercapai nantinya,” ujarnya. 

Selepas itu, Pj. Wali Nagari Syafrial menyampaikan harapannya agar masyarakat juga memberikan dukungan yang sama kepadanya selama menjabat Wali Nagari. “Sungguh berat tugas Wali Nagari ini, apalagi tugas selaku Pj bertambah yakni mempersiapkan pemilihan Wali Nagari defenitif. Tentunya untuk pencapaian hal itu yang terbaik bagi nagari kita ini, saya harapkan dukungan penuh kita semua,” katanya.(Myt)