WABUP OKUTimur Hadiri Peringatan Hari Wayang Sedunia

OKUTimur, jurnalsumatra.com – Dalam rangka memperingati Hari Wayang sedunia Pemkab OKU Timur bekerja sama dengan Pemerintahan kecamatan Buay madang Timur melalui tokoh Dalang Sunarko dan ki dalang Totok Irawan serta sebanyak 6 Dalang di sertai oleh 25 sinden mengadakan Pagelaran wayang semalam suntuk di lapangan Kecamatan Buay Madang Timur pada hari Kamis (07/11/2019)  yang di mulai sekira pukul 08.00 wib hingga selesai.

Dalam sambutannya sebagai ketua panitia Ki Dalang Sunarko menjelaskan
Wayang merupakan salah satu karya seni yang di akui yang telah di akui oleh UNESCO sebagai bayangan boneka tersohor dari Indonesia, sebuah warisan maha karya dunia yang tak ternilai dalam seni bertutur,terang Sunarko.

Wayang sendiri terdiri dari wayang kulit, wayang golek, wayang orang (uwong) wayang beber (lembaran) wayang klitik dan wayang suket dan biasanya kebudayaan wayang sendiri banyak terpengaruh oleh kebudayaan Jawa dan Hindu, sambung ki Dalang Sunarko.

Sementara itu dalam paparanya Wakil Bupati Kabupaten OKU Timur Feri Antoni SE yang mewakili Bupati OKU Timur mengatakan bahwa kita masyarakat Indonesia harus berbangga mempunyai seni kebudayaan Wayang yang telah di akui oleh dunia karena itu kita harus melestarikan dan menjaga seni budaya wayang terus berkembang dan jangan sampai kalah dengan kebudayaan di era modern sekarang serta masyarakat OKU Timur harus tetap selalu bersatu,rukun dan selalu menebar kebaikan, tegas Wakil Bupati.

Selain di hadiri oleh Wakil Bupati Feri Antoni SE, acara pagelaran wayang  ndalang juga di hadiri oleh Hj Melinda, tokoh politik Gumari, asisten Bupati M. Ali Pasai, Kapolsek Buay Madang Timur 

Ipda Erwansyah, koramil, para Camat, Kepala Dinas serta seluruh kepala Desa yang ada di kecamatan Buay Madang Timur, Tokoh-tokoh masyarakat dan Agama serta warga yang sangat antusias menonton acara pagelaran wayang tersebut.(iwn)