Wabup: Pembangunan Gorontalo Utara Makin Fokus Dengan Aspeksindo

Gorontalo, jurnalsumatra.com – Wakil Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu mengemukakan pembangunan kemaritiman di daerah itu semakin fokus dengan masuk sebagai bagian dari Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo).

  “Pengembangan potensi kemaritiman di daerah itu akan semakin terfokus dengan adanya Aspeksindo,” katanya di Gorontalo, Sabtu, usai mengikuti pengukuhan kepengurusan Aspeksindo di Balikpapan.

  Dalam jajaran kepengurusan harian asosiasi itu, Thariq Modanggu menempati jabatan sebagai wakil bendahara umum.

  Ia menilai masuknya daerah itu dalam Aspeksindo sebagai menguntungkan bagi kemajuan pembangunan kabupaten tersebut.

  “Aspeksindo akan menjadi sarana perjuangan daerah pesisir dan kepulauan, serta menjadi ‘bridging institution’, ujarnya mengutip penyampaian Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko dalam acara tersebut.

  Institusi itu, katanya, akan menjembatani lembaga riset, pengusaha, nelayan, dan berbagai pemangku kepentingan dalam rangka pengembangan dan pemanfaatan potensi laut dan pesisir.

  Gorontalo Utara, kata wabup berlatar belakang akademisi itu, memiliki potensi sumber daya alam berupa kekayaan laut yang memanjang dari timur ke barat dengan garis pantai sekitar 130 kilometer dan luas laut lebih dari 40.500 meter persegi, serta berhadapan dengan lautan Asia Pasifik.

  “Maka daerah ini sangat diuntungkan dengan terbentuknya Aspeksindo. Ditambah lagi, pemerintah daerah sementara menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018-2023,” katanya.

  Ia menyebut keunggulan kemaritiman yang dimiliki daerah itu, akan diperkuat dalam dokumen perencanaan pembangunan lima tahun ke depan.(anjas)