Wabup: RPJMD Tolitoli Perlu Direvisi

   Tolitoli, Sulawesi Tengah, jurnalsumatra.com – Wakil Bupati Tolitoli, Sulawesi Tengah, Abdul Rahman  Budding menyatakan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) daerah itu perlu di revisi untuk di sesuaikan dengan kondisi terkini.
“Sejak ditetapkan tahun 2016, RPJMD Kabupaten Tolitoli yang telah berjalan hampir 3 tahun, memerlukan penyesuaian terhadap kondisi terkini utamanya yang berkaitan dengan Peraturan Pemerintah RI Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah,” kata Abdul Rahman dalam keterangan tertulis Bagian Humas Sekretariat Pemkab Tolitoli, saat membuka forum konsultasi publik penyusunan RPJMD perubahan kabupaten tersebut tahun 2016-2021 yang dihelat oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Tolitoli, Jumat sore.
Dalam sambutannya Wabup menjelaskan, dokumen RPJMD merupakan dokumen perencanaan jangka menengah kurun waktu 5 tahunan Kabupaten Tolitoli periode 2016-2021 yang memuat visi, misi dan program bupati dan wakil bupati yang selanjutnya dijabarkan ke dalam arah kebijakan keuangan daerah, strategi pembangunan daerah, kebijakan umum dan program prioritas jangka menengah daerah.

  Dilaksanakannya konsultasi publik  merupakan tahapan dari perubahan rencana pembangunan daerah kurun waktu 5 tahun, untuk memperoleh masukan dalam rangka penyempurnaan rancangan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) perubahan Kabupaten Tolitoli Tahun 2016-2021. Konsultasi publik ini diharapkan dapat menghimpun aspirasi atau harapan masyarakat terhadap tujuan, sasaran dan program daerah, sehingga pada nantinya dapat diperoleh komitmen dari pemangku kepentingan pembangunan di Kabupaten Tolitoli.
Wabup juga menegaskan, ada beberapa hal yang menjadi perhatian dalam penyusunan RPJMD perubahan ini yaitu di antaranya, harus mampu menghasilkan program dan kegiatan yang efektif, efisien dan terukur dengan memperhatikan sikronisasi dan konsistensi dokumen perencanaan, sehingga dapat menyelesaikan isu-isu strategis dalam kurun waktu 5 tahun.
Di akhir sambutannya, Wabup mengharapkan dari Forum Konsultasi Publik ini didapatkan masukan berharga dalam penyempurnaan penyusunan dokumen RPJMD Perubahan Kabupaten Tolitoli yang pada akhirnya terwujud dokumen perencanaan induk yang berkualitas, mengakomodir seluruh kepentingan masyarakat yang kemudian dapat diimplementasikan guna menuju Kabupaten Tolitoli yang dicita-citakan bersama.
Forum Konsultasi Publik ini diikuti para asisten dan staf ahli bupati, para pimpinan organisasi perangkat daerah, anggota DPRD, unsur akademisi, dan Kepala BAPPEDA Kabupaten Tolitoli beserta jajarannya.(anjas)

Leave a Reply