Wabup Zuldafri Apresiasi PSTS Malalo

Tanahdatar, Sumbar, Jurnalsumatra.com – Wakil Bupati Tanah Datar Zuldari Darma mengapresiasi pelaksanaan turnamen sepakbola nagari  Taluk Cup II yang digelar di Lapangan Kulit Manis Taluk semenjak 20 Desember 2019.

“Pemerintah daerah memberi apresiasi kepada masyarakat khususnya panitia pelaksana, ini wujud dan bukti kebersamaan dan kekompakan masyarakat Taluk,” ungkap Zuldafri saat penutupan turnamen yang disaksikan ratusan penonton, Jum’at (24/1/2020).

Lebih lanjut Zuldafri katakan kegiatan olah raga banyak manfaatnya untuk masyarakat dan daerah.

“Kalau terus kita gelorakan kegiatan olah raga dan keagamaan, generasi muda kita akan terselamatkan dari kontaminasi pengaruh negatif seperti narkoba, miras dan tindak kejahatan lainnya. Untuk itu mari kita jadikan sebagai motivasi untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan sejenis untuk masa yang akan datang,” sambung Zuldafri.

Pada partai final yang berlansung menarik dan menjunjung nilai-nilai fair play dan sportifitas ini, PSTS Malalo Tanah Datar berhasil menjadi juara setelah menundukkan Porma FC dari Kabupaten Sijunjung dengan skor 2-0 (1-0)

Jalannya Pertandingan, PSTS Malalo yang berkostum biru tua langsung mengambil inisiatif serangan sesaat setelah pluit ditiup wasit Dhio Phantosa.

Terbukti baru berjalan 2 menit, melalui skema tendangan bebas yang dilepaskan pemain Malalo nomor 10 Reno ke kotak pinalti Porma FC, sundulan Menora bek Malalo unggul duel udara dengan bek lawan dan bola bersarang di jala lawan tanpa bisa diselamatkan kiper Tomi Pratama.

Tertinggal 1-0, Porma FC tersentak dengan berusaha menyamakan skor, Menit ke-11, tendangan spekulasi pemain nomor punggung 99 Porma FC Riski Anwar nyaris gol andai tidak diselamatkan tiang gawang.

Menit ke-18, giliran Malalo punya peluang menambah skor. Tendangan Reno dalam kotak pinalti diblok kiper Porma FC.

Selepas itu kedua tim silih berganti melakukan serangan namun tidak ada gol tercipta hingga turun minum.

Babak kedua, Porma FC di bawah kapten Imam Ichsan kembali mengambil inisiatif serangan namun selalu gagal berkat pertahanan Malalo yang tampil rapi dan taktis.

Bahkan pertengahan babak kedua, kembali skema tendangan bebas, pemain Malalo nomor punggung 23 Egit menyarangkan si kulit bundar ke gawang Porma FC. Malalo unggul 2-0.

Keunggulan ini membuat Malalo semakin nyaman bermain dengan menunjukkan permainan tim yang kompak.

Hingga pluit babak ke dua dibunyikan, Porma FC tidak berhasil mencetak gol dan harus puas di posisi runner up. 

Kekalahan ini sedikit terhibur dengan terpilihnya pemain Porma FC Riski Anwar sebagai pemain terbaik dan Tomi Pranata sebagai kiper terbaik, sementara PSTS Malalo Reno mendapat gelar pemain tersubur alias Top Skor dengan 5 gol. 

Juga di kesempatan itu diberikan piala untuk Tim Fair Play untuk Taluk FC B Rudi Efendi dan Penghargaan Khusus kepada Edi Sumani (Matra Pendidikan) atas bantuan publikasi selama turnamen berlangsung.

Turut menyaksikan Anggota DPRD Sumbar Jefry Masrul, Ketua GOW Ny. Retri Zuldafri, Ketua KONI Tanah Datar Dony Eka Putra, Camat Lintau Buo Agusril, Forkompinca dan Wali Nagari Taluk Pendi Aswil. (Myt/H)