Wahyu Siap Sponsori Pacu Jawi di Empat Kecamatan

TanahDatar, Sumbar, Jurnalsumatra.com – Alek Pacu jawi Anak Nagari Batu Basa Kecamatan Pariangan berlangsung dan telah dibuka secara resmi pada Sabtu (16/11/2019). Saat pembukaan kali ini hadir bakal calon bupati Tanah Atar “Wahyu Iramana Putra”. Selain Wahyu juga hadir balon lain yaitu Betti Sadiq Pasadigoe di tengah sawah Jorong Koto Baru, Sabtu (1/11/2019).

Wahyu Iramana Putra mengapresiasi antusias masyarakat meramaikan alek empat kecamatan yang digelar di Koto Baru saat itu. “Ini sangat menarik dan sumber ekonomi masyarakat, Pemkab mesti beri suport yang lebih maksimal lagi. Dengan pacu jawi ini orang luar akan ramai mengunjungi, lihat saja saat ini banyak turis berbagai negara hadir, saya berjanji akan sponsori pacu jawi di empat kecamatan ini yaitu Rambatan, Limakaum, Sungaitarab dan Pariangan, agar lebih meriah dan maju,” kata Wahyu di hadapan tokoh masyarakat jajaran Dinas Parpora dan niniak-mamak setempat serta para penggemar pacu jawi.

Dikatakan, agar lebih menarik dan makin ramai dikunjungi wisatawan, Wahyu berinisiatif akan melaksanakan kompetisi antar kecamatan. Seharusnya dengan antusiasnya masyarakat dengan Alek Pacu Jawi ini.Pemkab hendaknya membuat satu tempat saja untuk pacu jawi ini, seperti lapangan Pacu Kuda. Ini akan memudahkan masyarakat dan para turis manca negara mendatangi tempat pacu jawi ini. Dan saya siap untuk mensponsori alek anak nagari pacu jawi ini. Tegas Wahyu.

Sapi pemenang di tingkat nagari, dipertandingkan tingkat kecamatan, kemudian kita kompetisikan lagi antar empat kecamatan, melalui ini nanti akan terlihat sapi-sapi sehat dan antusias petani beternak juga akan meningkat dan semoga ini menjadi amal ibadah disisi Allah SWT,” katanya wahyu.

Seperti yang kita lihat sekarang tamu kita dari malaysia belasan orang yang sengaja datang menyaksikan pacu jawi ini. Mereka asyik dan antusias memotret jalannya pertandingan pacu jawi. Ada juga turis dari eropa, mereka ini akan kita layani sedemikian rupa. Ungkap nya.(Myt).