Wakapolda Sidak Kesigapan Personel Pam Rekapitulasi Pilkada

   Ambon, jurnalsumatra.com – Wakapolda Maluku Brigjen Pol Akhmad Wiyagus melakukan sidak guna melihat kesigapan ratusan personel yang mengamankan jalannya rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara hasil pilkada serentak gubernur dan wagub di Kantor KPU provinsi.
“Kehadiran Wakapolda adalah melihat kesigapan ratusan personel Polri didukung aparat TNI yang bertugas melakukan pengamanan di Kantor KPU provinsi selama melaksanakan rapat pleno yang sudah berlangsung sejak Sabtu (7/7),” kata Kabid Humas polda, Kombes Pol Muhammad Roem Ohoirat di Ambon, Senin.
Menurut dia, Polda Maluku menyiapkan sebanyak 345 personelnya untuk melakukan pengamanan di kantor KPU provinsi dan mereka dibagi menjadi tiga ring dengan tupoksi yang berbeda.
Untuk 83 personel yang bertugas di ring satu bertugas melakukan pengamanan dalam gedung KPU, sedangkan ring dua yang dikawal 32 personel memiliki tugas dan tanggungjawab melakukan pengamanan di luar gedung kantor.

    Sedangkan ring tiga ditempatkan 223 personel Pasukan Huru-Hara (PHH) yang terdiri dari unsur Satuan Brimob, Sabhara Polda serta PHH dari TNI-AD sekitar 60 personel.
Setiap pengunjung yang masuk gedung kantor KPU, baik para saksi pasangan calon kepala daerah, ketua dan anggota KPU dari 11 kabupaten/kota, wartawan, maupun Bawaslu Provinsi Maluku diperiksa dengan teliti oleh petugas menggunakan detektor logam dan diberikan kartu tanda pengenal.
Para pengunjung gedung KPU juga diwajibkan mengisi buku daftar tamu yang disiapkan petugas KPU.
Kabid Humas mengakui tidak ada indikasi kerawanan dalam pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara hasil pilkada serentak gubernur dan wagub di KPU provinsi.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten + thirteen =