Wako dan Wawako Akan Lakukan Safari Bersihkan Masjid

Palembang, jurnalsumatra.com – Wakil Walikota Palembang Fitri Agustinda memimpin Rapat terkait intruksi Ketua Dewan Masjid Indonesia tentang Sosialisasi ke Masjid dan Mushola berkaitan dengan kewaspadaan Covid-19 (virus Corona)  digelar di ruang Rapat Bappeda Palembang,  Jumat (6/3/2020).

Fitri Agustinda mengatakan,  kami kemaren dapat intruksi surat edaran dari Ketua Dewan Masjid Indonesia Bapak Yusuf Kalla yang meminta Pemda menjaga kebersihan masjid dan mushola.

“Hari ini kami undang Pak Darami Ketua Dewan Masjid Kota,  MUI dan OPD di lingkungan Pemkot Palembang, untuk mengantisiasi virus corona agar tidak masuk ke kota Palembang,” ujarnya.

“Tapi  jangan panik, kita mengantisiasi  karena penyebaran virus ini cepat. Kita minta OPD terkait jaga kebersihan dan  berdoa. Masjid dan mushola,  dan seluruh rumah ibadah lebih jaga kebersihan,  juga ruang publik.  OPD juga jaga kebersihan. Cuci tangan dengan benar,  agar corona tidak masuk Kota Palembang,” katanya.

Ketika ditanya upaya mengantisipasi virus Corona,  dia menuturkan,  upaya yang sudah dilakukan diantaranya Angkasa Pura cukup waspada dengan menyediakan alat agar orang yang masuk terdeteksi,  hotel ada alat pengukur suhu.  “Kami berharap melalui rakor ini,  seluruh rumah ibadah waspada. Kita akan melakukan safari masjid,  tapi kita utamakan safari masjid yang ramai.  Saya harap virus corona tidak masuk Palembang. Jangan panik,  apa yang kita lakukan ini agar virus corona tidak masuk di Kota Palembang,” tandasnya. 

Sementara itu,  H Darami Ketua Forum Koordinasi Majelis Taklim Kota Palembang menambahkan,  pihaknya  apresiasi upaya yang dilakukan Pemkot Palembang. ” Mereka hadir ditengah umat dengan melakukan sosialisasi corona ini,  informasinya juga pasti. Kami juga apresiasi,  Pak Wali dan Ibu Walikota akan safari bersih diseluruh masjid dan mushola. Ini luar biasa yang dilakukan ini.  Sedangkan untuk jumlah masjid dan mushola 1.751 yang sudah diregister,” pungkasnya.  (Yanti)