Wali Kota Berikan Bantuan Masjid Saat Tarawih

     Magelang, jurnalsumatra.com – Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito memberikan bantuan untuk pengelolaan masjid di berbagai tempat di daerah itu saat tarawih keliling menyemarakkan Bulan Puasa Ramadhan 1439 Hijriah.
Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Magelang Sutopo dalam keterangan tertulis di Magelang, Sabtu, mengatakan di setiap masjid yang menjadi tempat tarawih keliling, Wali Kota dan jajarannya menyerahkan bantuan yang dihimpun melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Magelang itu.
“Tradisi tarawih keliling Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito dan jajarannya tahun ini bakal dilakukan secara berbeda. Di setiap masjid yang ditempati untuk shalat sunah selama Ramadhan tahun ini, Pemkot Magelang juga memberikan bantuan berupa materi kepada takmir masjid, ustadz maupun ustadzah,” katanya.
Pelaksanaan tarawih keliling Ramadhan 1439 Hijriah di Kota Magelang selama 20 hari ke depan, diawali di Pendopo Pengabdian Rumah Dinas Wali Kota Magelang, Jumat (18/5) malam.

“Tarawih keliling ke masing-masing kelurahan oleh Wali Kota bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Magelang,” ujarnya.
Kota Magelang meliputi 17 kelurahan yang tersebar di tiga kecamatan. Kegiatan tarawih keliling juga di Masjid Agung Kauman, kawasan Alun-Alun Kota Magelang, panti asuhan, dan pondok pesantren di kota itu.
Ia mengatakan tarawih keliling di Masjid Agung Kauman bertepatan dengan peringatan Nuzululquran mendatang.
Berdasarkan data, total bantuan Baznas Kota Magelang tersebut Rp321,5 juta, antara lain untuk panti asuhan dan ponpes Rp45 juta, ustadz dan ustadzah Rp98 juta, Taman Pendidikan Quran Rp51 juta, masjid Rp90 juta, dan alim ulama Rp37,5 juta.
Ia menjelaskan bantuan tersebut sebagai bagian dari perhatian Pemkot Magelang dan para pemangku kepentingan lainnya terkait dengan pengelolaan masjid dan peningkatan keimanan dan ketakwaan umat.
“Pengurus masjid diharapkan dapat menggunakan bantuan tersebut sesuai dengan peruntukannya. Meskipun mungkin tidak seberapa, bantuan itu hendaknya patut disyukuri,” katanya didampingi Kasubag Agama dan Pendidikan Bagian Kesra Tri Adi Nuswantara.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × four =