Wali Kota Palembang raih penghargaan UMKM terbaik

Palembang jurnalsumtra.com – Wali Kota Palembang Harnojoyo meraih penghargaan sebagai pembina Usaha Mikro Kecil dan Menengah terbaik tingkat nasional dari Kementerian Koperasi dan UMKM.

Harnojoyo di Palembang, Rabu, mengatakan, penghargaan ini sebagai bukti dari pembinaan UKM dan UMKM yang dilakukan Pemerintah Kota Palembang.

“Ada 27.000 UKM dan 5.000 UMKM yang kami bina, salah satu terobosan kami dengan memberikan bantuan usaha tanpa bunga dan tanpa agunan kerja sama dengan Bank Perkreditan Rakyat,” kata Harnojoyo.

Ia mengatakan pada tahun 2017 terdapat 1.000 UMKM yang telah merasakan program tersebut, dan akan ditingkatkan lagi pada tahun mendatang.

“Tahun 2018 target kami 5.000 UMKM akan menikmati bantuan tersebut, ini bukti nyata perhatian kami terhadap keberadaan UMKM,” kata Harnojoyo.

Selain memberikan bantuan usaha, Harnojoyo menambahkan, UKM dan UMKM di Palembang juga mendapat fasilitas berupa bimbingan teknis dari dinas koperasi.

Sementara itu kepala Dinas Koperasi Kota Palembang Edwin menjelaskan, Wali Kota Palembang merupakan satu-satunya kepala daerah dari Sumatera Selatan yang mendapatkan penghargaan tersebut.

“Harnojoyo menjadi satu-satunya di Sumatera Selatan, bahkan di wilayah Sumatera, hanya ada dua yakni Palembang dan Medan. Ini menunjukkan bahwa penilaian terhadap pembina UMKM terbaik sangat ketat, dan Wali Kota Palembang berhasil menjadi yang terbaik,” kata dia.

Pemerintah Kota Palembang memberikan perhatian ke sektor UMKM dalam beberapa tahun terakhir karena akan menjadi tuan rumah Asian Games XVIII tahun 2018.

Para pelaku UMKM diharapkan memanfaatkan momentum ini untuk menembus pasar nasional dan Asia.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − fourteen =