Wali Kota Tikep Canangkan Gerakan Baca Buku

     Ternate, jurnalsumatra.com – Wali Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Capt Ali Ibrahim mencanangkan Gerakan Nasional Orang Tua Bacakan Buku (Gernas Baku) guna melahirkan minat baca bagi generasi muda.
“Ini merupakan kegiatan nasional yang diselenggarakan secara serentak di seluruh Indonesia dan kegiatan ini merupakan tanggungjawab bersama baik pemerintah, satuan pendidik, masyarakat maupun lingkungan terkecil yakni keluarga,” kata Capt Ali Ibrahim dihubungi dari Ternate, Senin.
Dia mengatakan bahwa Gernas Baku merupakan gerakkan untuk mendukung inisiatif dan peran keluarga dalam meningkatkan minat baca anak melalui pembiasaan di rumah.
“Mari jadikan kegiatan membacakan buku kepada anak sebagai budaya dan kebiasaan baik orang tua dalam keluarga, karena budaya suatu bangsa tidak mungkin dipertahankan oleh bangsa tersebut, apabila institusi keluarga dalam keghidupan sehari-hari tidak menapak pada budaya bangsanya,” ujarnya.

Sepaham dengan hal tersebut, wali kota juga ikut mengajak para Orang Tua agar lebih banyak meluangkan waktu bersama putra-putrinya untuk melakukan pengawasan yang bijak terhadap anak sehingga pertumbuhannya dapat optimal baik secara fisik maupun psikis agar menjadi generasi emas yang suatu saat akan menjadi penerus bangsa.
“Mari kita ikut sukseskan gerakan ini dengan ikut serta sesuai dengan kemampuan kita masing-masing. Masa depan bangsa kita berada di tangan generasi penerus yang patut kita jaga dan arahkan dengan lebih baik dan bijak,” ujarnya.
Meramaikan kegiatan tersebut, Ketua Bunda Paud Sulama Ali Ibrahim menyempatkan membaca buku cerita kepada anak-anak dan menyapa mereka serta ikut menari sambil menyanyikan lagu Gernas Baku yang terlihat begitu semarak dan meriah.
Hadir dalam kegiatan ini  Walikota Tidore Kepulauan Capt. H. Ali Ibrahim, Ketua Himpaudi Malut, Damrudin Rahman, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK, Sekretaris Daerah, Ketua DWP, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah bersama anak-anak perwakilan dari TK/ Paud se Kota Tikep.(anjaS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − 10 =