Wapres Lepas Tim Relawan PMI Lebaran 2018

    Jakarta, jurnalsumatra.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla melepas rombongan tim relawan Palang Merah Indonesia (PMI) untuk Siaga Lebaran Tahun 2018 di lapangan parkir Stasiun Gambir, Jakarta, Kamis.
“Terima kasih atas kesediaan anda semua menjadi relawan dalam rangka mudik Lebaran tahun ini. Tugas kita, selain memberikan petunjuk perjalanan yang baik, pelayanan kesehatan, pelayanan makanan dan minuman di lapangan; juga tentu menjaga segala sesuatunya berjalan normal,” kata Jusuf Kalla saat upacara pelepasan di Stasiun Gambir Jakarta, Kamis.
Wapres Jusuf Kalla, yang juga menjabat sebagai Ketua Umum PMI, berharap kegiatan mudik Lebaran tahun ini tidak terjadi lagi pengalaman buruk seperti kemacetan parah di Brebes Exit pada 2016 lalu.

¿Kita punya pengalaman dua tahun lalu, bagaimana sulitnya menembus kemacetan untuk menuju rumah masing-masing, ataupun kecelakaan di jalan selama mudik. Berdasarkan data , kecelakaan selama mudik Lebaran di seluruh Indonesia bisa menyebabkan kematian lebih dari 500 orang,¿ jelasnya.
Tim relawan untuk Siaga Lebaran tersebut merupakan gabungan dari 80 kru ambulan PMI, 120 pekerja sukarela dari PMI dan 200 siswa Sekolah Tinggi Kementerian Perhubungan.
Ratusan relawan tersebut akan disiagakan di  586 titik Pos Pertolongan Pertama dengan dibekali 393 mobil ambulan beserta 8.422 relawan dokter dan petugas medis untuk pertolongan pertama.
Seluruh anggota Tim Relawan mulai bertugas pada Jumat, (8/6) hingga H+7 Lebaran di sepanjang jalur pantai utara (pantura), terminal bis, stasiun kereta, pelabuhan dan kawasan wisata.  (anjas)

Leave a Reply