Warga Bengkalis Nikmati Pemandangan Lampu Colok

     Bengkalis, jurnalsumatra.com – Warga Bengkalis, Provinsi Riau membanjiri jalan raya di daerah setempat untuk menikmati pemandangan indah lampu colok dengan berbagai miniatur yang terpasang di sepanjang jalan, Senin (11/6) malam.
“Kami melihat-lihat lampu colok yang ada, dari ‘Simpang Ayam’ tadi sampai ke ‘Selat Baru’, sengaja untuk menikmati keindahan lampu colok,” kata seorang warga Bengkalis, Dwi, di Bengkalis, Senin (11/6) malam.
Dia mengaku acara tersebut merupakan kesempatan yang paling ditunggu-tunggunya selama Ramadhan.
Hal yang sama juga dikatakan Hasyim (18) bersama belasan temannya dari kalangan pemuda setempat yang sengaja konvoi bersama melihat satu per satu lampu colok di sepanjang jalan raya di daerah itu.

“Memang setiap tahunnya begini menjelang hari raya, kami beramai-ramai melihat langsung,” katanya.
Lampu colok adalah alat penerangan sederhana terbuat dari kaleng bekas yang diberi sumbu kompor dan minyak tanah sebagai bahan bakar.
Pada zaman dahulu, lampu colok sebagai penerangan jalan yang menghubungkan dari rumah ke rumah warga hingga mushalla setempat pada malam hari.
Kini pemuda dan pemudi di Bengkalis membuat berbagai gambar dari api lampu colok tersebut.
Dari pantauan, masyarakat membanjiri jalan raya untuk melihat secara langsung berbagai bentuk gambar lampu colok tersebut.
Sejumlah ruas jalan terjadi kemaceten total karena keramaian pengunjung.
Mereka juga ada yang datang dari desa-desa lain di sekitarnya untuk menyaksikan berbagai lampu colok yang menjadi kekhasan suasana Ramadhan dan menjelang Idul Fitri di daerah setempat.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen − 10 =