Warga Lombok Tengah Alami Krisis Air Bersih

     Lombok Tengah, jurnalsumatra.com – Warga di sejumlah desa di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, mulai mengalami krisis air bersih akibat kekeringan.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) H Muhammad
menyebutkan terdapat 83 desa di sembilan kecamatan yang terdampak krisis air bersih akibat kekeringan.
“Kita sudah kerahkan mobil tangki untuk mendistribusikan air bersih, guna  memenuhi keperluan minum dan memasak warga,” ujarnya di Lombok Tengah, Selasa.
Ia mengatakan, dari 83 desa di sembilan kecamatan yang terdampak krisis air bersih. hanya Kecamatan Batukliang, Batukliang Utara dan Pringgarata yang tidak terdampak krisis air. Kemudian, dari  sembilan kecamatan itu, ada enam kecamatan yang paling besar membutuhkan air bersih, seperti Kecamatan, Janapria, Praya Timur, Pujut, Praya Barat, Praya Barat Daya, Jonggat bagian selatan, seperti Sukarara dan Labulia.

      “Awalnya kita turun membantu ke Kecamatan Pujut, dilanjutkan ke Jonggat di Desa Labulia dan Praya Timur. Ada sejumlah kecamatan dan desa yang akan juga dipasok air bersih, mengingat permintaan masih terus ada,” jelas Muhammad.
Bahkan, setiap hari sampai tiga tangki. Satu tangki mobil memiliki kapasitas 5.000 liter.
“Untuk bulan ini kita masih dalam posisi siaga. Karena kemungkinan  kalau sudah masuk Agustus dan September, baru di sana akan pada posisi tanggap darurat,” ujarnya.
Selain pasokan air bersih dari sumbernya sudah menipis, permintaan warga cukup banyak. Karenanya,  mengantisipasi hal ini, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi NTB.
Disinggung hingga kapan terjadi krisis air, Muhammad mengatakan tergantung curah hujan. Bahkan, bisa sampai dua bulan atau tiga bulan. Sementara, stok air bersih tahun ini pihaknya sudah siapkan 220 tangki air bersih.
“Kalau dilihat dari stok yang ada, sementara ini bisa mencukupi kebutuhan enam kecamatan,” katanya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × two =