Warga Muba Panen Semangka

Muba, Sumsel, jurnalsumatra.com – Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) tidak hanya memiliki kekayaan berupa Migas, batu bara, perkebunan kelapa sawit, padi, jagung dan sayur-sayuran, ternyata di Bumi Serasan Sekate itu pohon semangka pun tumbuh dengan subur.

Seperti dilakoni Ali (40) warga desa Sungai Medak (C7) Kecamatan Sekayu Muba. Untuk membudidayakan tanaman semangka non biji guna meningkatkan sektor perekonomian serta membuka peluang kerja bagi warga sekitar.

Pria asal provinsi Lampung ini membukan lahan dilokasi pesantren Salamun Aitam Aidol, lahan milik dinas pertanian dan lahan masyarakat diberbagai tempat hingga mencapai 30an hektar untuk ditanami pohon semangka dengan pola bagi hasil. Usahanya itupun tidak sia-sia, bayangkan dalam satu hektar lahan saja  menghasilkan 20 ton buah semangka bahkan sekarang ini Ali bersama puluhan karyawannya sedang panen raya.

“Disini kita hanya numpang termasuk lahan masyarakat dari pada tidak dimanfaatkan, yach kita ajak untuk menanam pohon semangka dengan cara bagi hasil. Alhamdulillah usaha kita tidak sia-sia, namun tergantung petaninya pak. Bertani semangka ini sama dengan merawat anak kalau anak nya mau gemuk perawatannya harus rajin. Begitu juga pohon semangka, kalau petaninya rajin dalam satu hektar lahan bisa menghasilkan 20 ton buah semangka.

Sementara perawatan meliputi pola tanam penyemaian, pemupukan, dan perawatan dengan rajin menyirami tanaman secara rutin hingga masa panen tiba.”Jelas Ali saat dikunjungi wartawan Jurnal Sumatra.com Selasa (23/10/2018). (Rafik Elyas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 4 =