Warga Mukomuko Kembali Laporkan Pabrik Cemari Sungai

    Mukomuko, jurnalsumatra.com – Warga yang tergabung dalam Karang Taruna Karya Muda Desa Air Bikuk, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, kembali melaporkan PT Daria Darma Pratama (DDP), pabrik kelapa sawit yang diduga mencemari sungai dan lahan perkebunan sawit di wilayah itu kepada dinas lingkungan hidup setempat.
Ketua Karang Taruna Karya Muda Desa Air Bikuk, Kecamatan Pondok Suguh Al Mujahidin di Mukomuko, Jumat, menyatakan pihaknya telah menyampaikan surat permohonan untuk di cek limbah di pabrik kelapa sawit PT DDP.
Ia menyatakan, pihaknya melaporkan kepada Dinas Lingkungan Hidup Mukomuko dengan harapan agar dapat segera direspon dengan mengirimkan tim dari provinsi setempat untuk memastikan pencemaran sungai dan lahan.

     “Sebelumnya kami sudah melaporkan kepada dinas lingkungan hidup terkait pencemaran ini, namun mereka terlalu lamban merespon, sementara rentang waktu tersebut perusahaan melakukan penimbunan terhadap pencemaran yang dilakukan,” katanya.
Sehingga, katanya, hasilnya pihak dinas tersebut tidak menemukan adanya pencemaran sungai dan lahan perkebunan di wilayah tersebut.
Atas dasar kondisi tersebut, ia melaporkan kembali perusahaan tersebut kepada dinas lingkungan didup.
Ia menyatakan, pihaknya siap mendampingi tim dari provinsi setempat melakukam kajian dan memberikan keterangan sesuai dengan kondisi yang sebenarnya.
Selain itu, ia berharap tim dari provinsi dapat memberikan informasi kepada karang taruna berdasarkan peraturan yang berlaku terkait model pengelolaan limbah yang dilakukan oleh perusahaan.(anjas)

Leave a Reply