Warga OKU Positif Covid 19 Bertambah 3 Orang

Baturaja, Jurnalsumatra.com –  Warga OKU Positif terinfaksi Covid1-19 bertambah 3 orang, hal ini disampaikan juru bicara satgas Covid-19 OKU Rozali, SKM di Aula Gedung SKB Kabupaten OKU, Ahad (19/4/2020).

Masing-masing warga OKU yang positif  Tn. ER (56), Ny V (30) dan Ny Y (43), terjangkit wabah Covid-19 dari tranmisi lokal dari pasien sebelumnya yakni pasien 01 dan 03.

“kami mendapat kepastian status ketiga pasien positif sore kemarin dari hasil swab test yang kami kirimkan ke propinsi,” ungkap Rozali.

Tim satgas Covid-19 OKU mengakui ketiga pasien masuk kategori OTG (Orang Tanpa Gejala) dan obersvasi atau karantina mandiri di rumah.

“setelah kita mendapat informasi ketiga orang tersebut positif terjangkit Covid-19 kita jemput mereka dan kita observasi ke Hotel Baturaja, dan tim satgas mulai bekerja untuk contact tracing” jelas rozali.

Tn ER adalah sopir tavel yang sering ditumpangi pasien 03 dan Y merupakan asisten pasien 01 ditempat prakteknya sebagai dokter anak, sedangkan Ny V adalah pembatu rumah tangga pasien 01dan 02 dan sudah di contact tracing.

“ketiga pasien positif covid-19 merupakan hasil dari contact tracing yang kita lakukan dan menjalani swab test,” kata Rozali.

 Sebelumnya, pasien 01 satu mantan pejabat di Pemda OKU diketahui positif Covid-19 pada tanggal 30 Maret 2020 setelah itu pada tanggal 6 April 2020 istri pasien 01 dinyatakan positif dan ditetapkan sebagai pasien 02. Pada hari yang sama seorang dr anak R dinyatakan positif ditetapkan sebagai pasien 03, sebelum dinyatakan positif  R masih terus membuka praktek.

Berdasarkan rentetan peristiwa tersebut  informasi positif dari tiga pasien sebelumnya ada waktu 13 Hari yang berarti ketiga pasien positif  baru melakukan karantina mandiri di rumah selama itu juga, hal ini diduga kuat penyebaran sudah meluas akibat karantina mandiri.(rad)